LUTEIN, NUTRISI PENJAGA KESEHATAN MATA BALITA

balita

NATURALLY PLUS: LUTEIN, NUTRISI PENJAGA KESEHATAN MATA BALITA

NATURALLY PLUS: LUTEIN, NUTRISI PENJAGA KESEHATAN MATA BALITA. Bayi dan anak-anak sangat berpotensi terkena sinar biru yang berasal dari pancaran sinar matahari, layar televisi atau komputer. Perlindungan terhadap sinar biru bisa dilakukan sedini mungkin dengan asupan lutein.

Sinar biru adalah sinar yang memiliki panjang gelombang antara 400-500 nm pada spektrum sinar yang masih dapat diterima mata. Sinar ini bisa menyebabkan kerusakan dan menimbulkan luka fotokimia pada retina mata anak.

 “Jika hal ini terus terakumulasi, pada akhirnya bisa menyebabkan makula degenerasi saat dewasa,” Dr.Rita S.Sitorus, Spesialis Mata Anak Departemen Mata FKUI-RSCM Jakarta.

 Selain sebagai indra penglihatan, menurut Dr.Dwi Putantro Widodo, Konsultan Neurology Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI, mata juga berfungsi sebagai jendala dalam perkembangan kecerdasan anak.

 “Perkembangan visual anak merupakan kepanjangan perkembangan otaknya. Jika penglihatan anak bagus, maka input yang masuk ke otak akan lebih banyak lagi,” paparnya.

 Risiko terbesar kerusakan mata akibat sinar biru terjadi saat usia dini, karena pada usia tersebut lensa mata pada anak relatif jernih sehingga belum maksimal menghambat sinar biru yang masuk. Karenanya, dokter Rita menyarankan agar perlindungan terhadap sinar biru dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan asupan lutein.

 “Lutein dapat membantu melindungi mata, terutama retina mata dari kerusakan dengan cara memfilter sinar biru dan juga berperan sebagai antioksidan dengan cara menetralisir radikal bebas,” kata dokter Rita.

 Lutein adalah karotenoid alami yang terdapat pada ASI, sayuran dan buah-buahan. Pada tubuh, lutein juga dijumpai pada makula retina. Karena tubuh tidak dapat mensintesakan lutein, maka setiap harinya kita harus mensuplai nutrisi ini dari makanan, terutama sayuran berwarna hijau.

 Idealnya lutein didapatkan seorang bayi dari ASI atau pada sayuran dan buah yang dimakannya setelah ia berumur 6 bulan. Namun jika seorang anak tidak mendapatkan ASI, para ibu bisa menggantinya dengan susu formula yang mengandung nutrisi ini.

Cukupi Lutein, Waspadai Bahaya Sinar Biru

Pernah memperhatikan atau malah seringkali merasa gemas karena mata buah hati kesayangan Anda tampak lucu? Perbandingan warna hitam pada bola mata juga terlihat lebih banyak daripada yang berwarna putih. Menggemaskan dan siapa pun bisa seketika jatuh sayang.

Mata anak kecil memang berbeda dengan mata orang dewasa. Walaupun sama-sama memiliki fungsi vital sebagai indera penglihatan, tetapi pada anak kecil, mata mengalami perkembangan seiring umur. Seiring perkembangan mata juga, apa yang dilihat si kecil pun berpengaruh pada sistem kerja otak dan perkembangan intelegensianya. Mata akan memberitahu otak mengenai apa yang dilihat, serta otak akan mengirim perintah pada kognitif dan saraf motorik si kecil untuk merespon apa yang dilihatnya.

Terbayangkah oleh Anda, apa yang terjadi bila mata si kecil harus berhadapan dengan sinar yang dapat merusak fungsi penglihatannya? Walaupun tidak semua sinar memiliki pengaruh buruk pada mata anak, tapi sinar biru adalah salah satu sinar yang patut diwaspadai. Dalam media edukasi oleh Wyeth, bahaya sinar biru ini kerap ditemui pada sinar yang dipancarkan televisi, layar komputer, sinar matahari, lampu neon, sampai proses pengelasan.

Minimnya pengetahuan dari orang tua tentang bahaya sinar biru memang memprihatinkan, padahal sinar biru merupakan sinar yang bersifat paling merusak dan dapat mencapai retina. Resiko terbesar kerusakan akibat sinar biru dialami anak sejak usia dini. Sekitar 70% hingga 80% sinar biru dapat mencapai retina pada usia 0-2 tahun, dan 60%-70% pada usia 2 – 10 tahun.

Perlindungan terhadap bahaya sinar biru harus dilakukan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan asupan lutein yang dapat membantu melindungi mata terutama retina, dengan cara menyaring sinar biru dan berperan sebagai antioksidan dengan cara menetralisir radikal bebas,” tutur Dr. Rita S. Sitorus Ph.D SpM(K), Konsultan Pediatrik Opthalmologis/ Spesialis Mata Anak Dep. Mata FKUI/RSCM Jakarta.
“Fungsi penglihatan adalah salah satu bagian dalam perkembangan kognitif. Perkembangan visual adalah jendela dalam system kecerdasan dan menjadi petunjuk penting bagi kebutuhan nutrisi otak,” Dr. Dwi Putri Widodo, SpA(K) Mmed (Neuro Science), Konsultan Neurology Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Jakarta.

“Beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan mata adalah Vitamin A, AA-DHA, Taurine, dan Lutein. Lutein adalah jenis karotenoid alami yang dapat membantu melindungi mata bayi dan batita yang masih peka dari bahaya sinar biru. Lutein terdapat pada ASI dan juga sumber makanan lain seperti sayuran hijau, dan buah berwarna kekuningan,” tambahnya lagi.

Lutein terbaik memang terdapat dalam ASI. Sayangnya tidak semua bayi mendapatkan ASI berkualitas dengan kwantitas yang cukup memadai, sehingga asupan lutein sering kali tidak dapat mencukupi, bahkan setelah beralih ke makanan campuran sekalipun. Utnuk memenuhi kebutuhan tersebut, para ibu menyusui bisa menggunakan susu formula yang telah difortifikasi sehingga mendekati ASI, baik dari segi komposisi maupun fungsinya.

 

SUPER LUTEIN ADALAH SUMBER LUTEIN UNTUK KEBUTUHAN KESEHATAN MATA

SUPER LUTEIN Mengandung 6 Jenis karotenoid: Bahan utama SUPER LUTEIN ialah karotenoid. Karotenoid adalah pigmen organik yang terjadi secara alami di chromoplasts tanaman dan beberapa organisme fotosintetik lain. Karotenoid telah dikenal secara luas dalam beberapa tahun terakhir sebagai komponen penting dalam pencegahan penyakit dan hidup sehat. Karotenoid di SUPER LUTEIN termasuk lutein, zeaxanthin, ?-karoten, ? – Carotene, Lycopene dan Crocetin.

  • Lutein
    1. Kandungan lutein dalam bayam (per 100g takaran saji) 10.20mg
    2. Lutein adalah jenis karoten yang disimpan dalam mata Anda. Kubis, yang sering digunakan untuk “jus hijau”, bayam, brokoli, dan sayuran berwarna merah, kuning, oranye dan hijau banyak terdapat dalam lutein.

 

  • alpha-karoten dan beta-karoten
    1. alpha-karoten dan beta-karoten ditemukan dalam pigmen warna kuning dan oranye dalam wortel dan labu. Ketika mereka aman di alam, wortel dan labu telah digunakan sebagai pewarna aditif dalam makanan, minuman, dan kosmetik sejak zaman kuno.
    2. karoten-karoten tersebur diubah menjadi vitamin A sesuai dengan kebutuhan tubuh. karena penting bagi tubuh, banyak spesialis telah aktif melakukan penelitian pada karoten tersebut selama bertahun-tahun.
    3. kandungan alpha-carotene dalam wortel (per 100g takaran saji) 3.60mg dan kandungan beta-Karoten dalam wortel (per 100g takaran saja) 7.90mg
    4. kandungan alpha-carotene dalam labu (per 100g takaran saji) 0.012mg dan kandungan beta-Karoten dalam labu (per 100g takaran saja) 0.82 mg

 

  • Lycopene
    1. Lycopene ditemukan dalam pigmen warna merah dari tomat. Ketika matang di bawah matahari, tomat melindungi diri dari sinar matahari dengan menghasilkan lycopene .
    2. Ada pepatah di Eropa: “Ketika tomat berubah menjadi merah, wajah dokter berubah menjadi hijau”. Dari sini kita dapat melihat bahwa tomat dan hidup yang sehat saling berkaitan dengan erat. Olahan makanan dapat melepaskan manfaat lycopene lebih baik daripada sayuran segar, karena lycopene larut di dalam lemak, maka dengan menambahkan sedikit minyak saat memasak dapat meningkatkan penyerapan lycopene oleh tubuh.
    3. Kandungan Lycopene dalam tomat (per 100g takaran saji) 3.10mg

 

  • Zeaxanthin
    1. Zeaxanthin memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan lutein. Ini adalah anggota kelompok pigmen warna kuning, oranye dan ditemukan dalam jumlah besar pada tanaman seperti jagung dan buah “Fuyu” atau yang lebih dikenal dengan Japanese Persimmon, serta teh hijau, kuning telur, lemak hewan dan hati.
    2. Melalui proses metabolisme, lutein berubah menjadi zeaxanthin, keduanya disimpan dalam area titik kuning pada mata.
    3. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin berlokasi pada wilayah yang berbeda-beda di retina. Pusat dari titik kuning mengandung lebih banyak zeaxanthin, sedangkan kelompok wilayah sekitarnya sebagian besar mengandung lutein.
    4. Kandungan Zeaxanthin dalam buah Fuyu (per 100g takaran saji) 0.24mg

 

  • Crocetin
    1. Crocetin ditemukan dalam buah “Cape Jasmine” atau buah Kaca Piring dan benang sari dan putik kunyit. Keduanya larut dalam lemak dan air. Ciri yang paling menonjol adalah volume molekul kecil, yang memudahkan bagi tubuh menyerapnya. Hal ini dapat menembus ke dalam jaringan serat yang sulit dijangkau oleh karotenoid lain. Karena mobilitasnya inilah, para peneliti di seluruh dunia sekarang melakukan penelitian secara mendalam mengenai manfaat crocetin.

 

DHA dan antosianin

  • Pigmen violet yang antosianin, sejenis polifenol
    1. Blue pewarna yang terkandung dalam blueberry dan cassis. Jenis nutrisi polifenol tercatat di awal perang kimia. Menjadi awal studi, “selama Perang Dunia II, cerita pilot Inggris menyukai selai blueberry, hal-hal yang tampak baik di malam hari”
    2. Vitamin yang larut dalam vitamin B-. Dibutuhkan untuk menghasilkan energi Kami telah termasuk dalam makanan protein, karbohidrat, dan energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan kegiatan sehari-hari dari lipid dari tiga nutrisi utama. Dalam proses tersebut, bertindak sebagai kofaktor vitamin B1, B2, B6, B12

 

  • DHA penting untuk perkembangan otak dan jaringan syaraf kaya bahan ikan
    1. DHA (docosahexaenoic acid) adalah asam lemak tak jenuh lebih terkandung dalam minyak ikan, sebagai nutrisi yang sangat berguna untuk pertumbuhan anak-anak, memiliki peran penting dalam dalam membentuk sel otak. Umur panjang orang Jepang karena pola makan tradisional memakan ikan.

Manfaat Super Luteinn Untuk Mata:

  1. Meningkatkan penglihatan
  2. Memperbaiki rabun senja
  3. Memperbaiki rabun jauh/dekat
  4. Memperbaiki astigmatisme (silinder)
  5. Memperbaiki mata katarak
  6. Memperbaiki “floaters”
  7. Meningkatkan mutasi Makula Lutea
  8. Dapat menyembuhkan penglihatan orang buta
 
 
Manfaat Super_lutein Secara Umum adalah :
•Detoksifikasi
•Memperbaiki, Mengaktifkan dan Memperbaharui Sel Tubuh
•Pembersih Darah
•Antioksidan
 
 
Super_Lutein  sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus / Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Tiap botolSuper_ Lutein berisi 100 kapsul.

Komposisi : refined fish oil (mengandung DHA), wheat germ oil, ekstrak blackcurrant, ekstrak blueberry, gelatin, gliserin, beeswax, ekstrak, vitamin E, ekstrak marigold (mengandung lutein dan zeaxanthin), lycopene tomat, carotene, gardenia, vitamin B1, B2, B6, dan B12. NATURALLY PLUS: LUTEIN, NUTRISI PENJAGA KESEHATAN MATA BALITA

 

Post Update :
Date : Tuesday, June 25, 2019 - Selasa, 25 Juni 2019