SERING BUANG AIR KECIL (KENCING), BERBAHAYAKAH BAGI KESEHATAN?

SERING BUANG AIR KECIL (KENCING), BERBAHAYAKAH BAGI KESEHATAN?

buang air kecil1 SERING BUANG AIR KECIL (KENCING), BERBAHAYAKAH BAGI KESEHATAN?SERING buang air kecil atau yang lebih dikenal oleh orang awam dengan istilah beser harus diwaspadai karena bisa memicu penyakit lainnya.

Dalam istilah kedokteran, sering buang air kecil lebih dikenal dengan overactive bladder (OAB). Berdasar definisi dari International Continence Society (ICS) tahun 2002, overactive bladder (OAB) diartikan sebagai kumpulan gejala: urgensi, dengan atau tanpa inkontinensia urgensi, biasanya disertai dengan frekuensi dan nokturia.

“Beser bisa dikatakan dengan kencing berkalikali lebih dari 8x/hari, atau 1 kali/ 4 jam, selain itu juga si penderita sangat ingin berkemih,” tutur Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan geriatri FKUI/RSCM, Dr Siti Setiati, SpPD K-Ger.

Penyakit ini lebih sering menimpa perempuan. Berdasarkan studi Asia Pacific Continence Advisory Board (APCAB) di negara-negara Asia, setidaknya 53 persen wanita di Asia terkena gejala overactive bladder. “Sekarang OAB tidak hanya dialami perempuan lanjut usia, tetapi juga pada perempuan di usia produktif (25-30 tahun),” ucap dokter yang biasa berpraktik di Nusantara Medical Center, Gedung Granadi, Kuningan.

Setiati mengatakan, ada beberapa gejala terjadinya OAB. Jika gejala tersebut muncul, akan menimbulkan permasalahan baru, yakni masalah psikologis. Artinya, seseorang yang menderita OAB menyebabkan tidak bisa ke mana-mana (sulit untuk bepergian), rasa malu, hilang rasa percaya diri, depresi, merasa menjadi beban, gangguan aktivitas fisik dan pekerjaan, interaksi sosial, gangguan pada pola tidur, hingga masalah seksual seperti menghindari hubungan seksual.
Tentu saja, semuanya akan mengurangi kualitas hidup seseorang. “Tidak nyaman, bau tak sedap, kulit lecet, jatuh, insomnia (tidur terganggu) dan dehidrasi, merupakan akibat yang ditimbulkan pada penderita OAB,” ungkap Setiati yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Spesialis Penyakit Dalam FKUI.

Ada tiga gejala penting yang harus diperhatikan ketika mendiagnosis OAB yaitu urgensi, frekuensi, dan nokturia. Urgensi yaitu gejala keinginan tiba-tiba yang kuat untuk berkemih dan sulit ditahan, dengan atau tanpa inkontinens (mengompol) atau kesulitan menahan buang air kecil dan biasanya diakhiri dengan mengompol atau urge incontinence. Frekuensi, yakni keluhan dari pasien di mana berkemih terlalu sering dalam satu hari (sama dengan poliuri), berdasarkan data dari ICS, frekuensi pada OAB didefinisikan sebagai sering berkemih sebanyak lebih dari 8 kali per hari (24 jam).

Sedangkan nokturia, yaitu keluhan berkemih pada malam hari atau terbangun pada malam hari untuk berkemih lebih dari 1 kali dalam 1 malam. “Tidak normalnya buang air kecil pada seseorang adalah apabila dia sudah melakukannya sebanyak 2 jam 1 kali tanpa bisa ditahan,” ungkap Setiati yang juga menjabat sebagai wakil Pemimpin Redaksi majalah kedokteran Acta Medica Indonesia (IJIM).

Sampai saat ini belum diketahui dengan jelas penyebab penyakit ini, namun para ahli yang tergabung dengan Perkina (Perkumpulan Kontinensia Indonesia) menemukan adanya kontraksi yang berlebihan pada otot kandung kemih, yang menyebabkan sensasi untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

“Faktor pemicu sering buang air kecil adalah karena adanya kesadaran turun, infeksi saluran kemih, obat-obatan (diuretik), gangguan jiwa (depresi), sulit bergerak (tidak bisa mencapai toilet), sembelit, dan karena faktor minuman (air gula, kopi),” ucap Setiati yang menjabat sebagai Seksi Ilmiah Perkina Pusat).

Sehubungan dengan penyebab timbulnya OAB, dokter ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Pluit, Dr Med. Benny Santosa, Sp PD, mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan penyakit ini timbul adalah karena penyakit diabetes pada seseorang. “Diabetes adalah penyakit yang bisa mengganggu fungsi syaraf, otot, dan sebagainya,” ucapnya.

Untuk pengobatan dan pencegahan, bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya dengan pemberian obat kolinergik. Obat ini dapat membantu untuk mengontrol keinginan buang air dengan mengurangi kontraksi otot di dinding kandung kemih. Obat ini dapat meningkatkan kapasitas penampungan urine/air kencing pada kandung kemih dan bisa menunda keinginan buang air kecil.

Penyebab Sering Buang Air Kecil (Kencing)
?Buang air kecil atau kencing adalah cara tubuh membuang limbah. Limbah ini dilepaskan dari metabolisme sel-sel, masuk ke dalam darah dan akhirnya disaring oleh ginjal dari aliran darah untuk dibuang lewat urin. Jika seseorang tidak bisa buang air kecil maka dia akan sakit karena keracunan tubuh. Buang air kecil sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Setiap orang memiliki frekuensi buang uang air kecil yang berbeda- beda. Beberapa orang hanya buang air kecil 2 sampai 3 kali per hari, sementara ada orang yang sampai 10 kali ke toilet untuk buang air setiap hari. Tidak ada patokan berapa sebenarnya frekuensi yang normal. Wanita lebih sering pergi ke toilet daripada pria. Hal ini berkaitan dengan volume kandung kemih, yang lebih besar pada pria dibandingkan pada wanita. Pria memakan waktu lebih lama untuk memenuhi kandung kemihnya sehingga mereka lebih jarang buang air kecil. Banyak-sedikitnya Anda minum, cuaca udara, dan faktor lain juga berpengaruh pada frekuensi kencing.

Namun, bila Anda buang air kecil jauh lebih sering dari biasanya maka hal itu dapat menunjukkan adanya masalah atau gangguan dalam tubuh. Kemungkinan penyebabnya antara lain:

  1. Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK adalah penyebab utama peningkatan frekuensi buang air kecil.
  2. Diabetes. Sering buang air kecil sering merupakan gejala awal dari diabetes saat tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin.
  3. Prostatitis akut. Prostatitis akut adalah pembengkakan dan iritasi kelenjar prostat yang berlangsung cepat. Prostatitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar prostat yang menyebabkan dinding kandung kemih menjadi sensitif. Kandung kemih mulai berkontraksi bahkan ketika masih memiliki sejumlah kecil urin.
  4. Menstruasi. Hormon dalam tubuh perempuan berubah terus sepanjang bulan. Tepat sebelum menstruasi biasanya kelembaban wanita meningkat. Dalam beberapa hari menstruasi, kelembaban ekstra itu meninggalkan tubuh sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil.
  5. Kehamilan. Pada minggu-minggu awal kehamilan rahim mengalami perkembangan sehingga menekan kandung kemih, menyebabkan sering buang air kecil.
  6. Sistitis interstisial. Radang dinding kandung kemih kronis yang tidak diketahui penyebabnya ini ditandai dengan nyeri di daerah kandung kemih dan panggul. Gejala utama sistitis adalah dorongan kuat untuk buang air kecil, setiap kalinya hanya mengeluarkan sejumlah kecil urin (Jawa: anyang-anyangen).
  7. Kafein. Kafein menghambat kerja hormon antidiuretik (ADH). Hormon itu memastikan bahwa tidak terlalu banyak air dalam urin. Hambatan terhadap ADH membuat produksi air urin meningkat. Disarankan bahwa untuk setiap cangkir kopi Anda meminum segelas air putih untuk mengisi kekurangan tersebut.
  8. Obat-obatan. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dapat membuat Anda lebih sering pipis untuk sementara dan kembali normal setelah Anda berhenti minum obat.
  9. Stroke atau penyakit neurologis lainnya. Kerusakan saraf yang mengendalikan kandung kemih dapat menyebabkan masalah fungsi kandung kemih, termasuk dorongan untuk buang air kecil yang terlalu sering dan tiba-tiba.
  10. Kandung kemih terlalu aktif. Beberapa orang sering buang air kecil terutama di malam hari. Gejala ini disebut nokturia dan biasanya mempengaruhi orang berusia lebih dari 50 tahun, ibu hamil, pria dengan kanker prostat dan gagal jantung. Normalnya, produksi urin di malam hari berkurang sehingga Anda dapat tidur dengan damai. Dalam kasus nokturia, produksi urin tetap besar sehingga mengakibatkan sering buang air kecil.  (Sumber: majalah kesehatan&lifestyle)

Incoming search terms:

  • bentar2 kencing
  • ramuan alami menghilangkan gejala kencing tiada henti
  • apakah sering kencing gara2 onani
  • Bentar2 pipis
  • Penyebab bentar2 pipis
  • sakit perut sebelah kiri bawah kencing berkali kali
  • Habis onani langsung kencing
  • sesudah kencing kadang masih ada yg tersisa air kencing biasanya penyakit apa
  • knpa q slu kencing trs menerus sakit apa ya
  • apakah buang air kecil setiap jam 1kali pada siang hari untuk seorang wanita msh di anggap normal?

122 Comments

  1. alpin June 30, 2011 at 4:18 pm - Reply

    saya pria usia 20 tahun,,saya dulu prnah mengalami kecelakaan yang menyebabkan kantung kemih saya bocor dan diopersi,,setelah operasi itu saya hampir kencing 1 hari sebanyak 15 kali (24 jam). saya juga rajin berolahraga,,saya kuat makan dan minum,,terus apabila saya menahan kencing, saya merasakan nyeri dibagian bawah kanan perut sya,,kira2 saya mengidap penyakit apa ya dan apakah ini berbahaya buat kesehatan kesehatan saya ???

    [Reply]

    sweetspe Reply:

    Apa yang anda alami kemungkinan besar karena kandung kemih tidak berfungsi dengan normal sehingga kemampuan untuk manampung air seni juga tidak berfungsi dengan baik. Kebiasaan menaham kecing itu pun juga tidak baik karena akan memperparah kerusakan kandung kemih dan bisa menyebabkan gangguan ginjal misalnya batu ginjal. Lebih baik anda memeriksakan ke dokter spesialis untuk mengetahui seberapa bahayanya keluhan anda. Atau anda juga bisa mencoba terapi dengan herbal super lutein dari jepang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih. Fungsi super lutein untuk ginjal yaitu:
    Memulihkan pembuangan air seni
    Memulihkan inkontinensia
    Memulihkan hematuria
    Memulihkan albuminura
    Mencegah Impotensi

    semoga infrmasi ini membantu

    [Reply]

    sweetspe Reply:

    untuk keterangan lebih lanjur silakan baca http://dilihat.com/herbalsuper

    [Reply]

  2. Bunga erlangga July 2, 2011 at 8:50 am - Reply

    saya wanita usia 20thn, ahir2 ini saya sring mngalami beser, stelah 2minggu menikah….rasa ingin buang air kecil sngt m.ganggu aktifitas saya karna bukan hnya s.x za dlm shari….tp trlalu sering,kdang saya tdk tahan &kencing d celana. klw dtang malam ,saya sngt risih slu bolak balik toilet…ahirnya rasa lelah yg saya rsa kn.
    kira2 gejala kencing saya trmasuk pnyakit apa y? ? bagaimana saya mengatasinya? sbelumnya terima ksih

    [Reply]

    sweetspe Reply:

    Apa yang bunga alami adalah karena sindrome pasca menikah dan itu biasanya disebabkan karena terlalu sering berhubungan sehingga fungsi kandung kemih juga terganggu. Atau bisa juga karena ada tanda-tanda kehamilan pada tri semester awal biasanya keinginan kencing sangat besar dan bertambah sering bila memasuki trisemester ketiga karena posisi kandung kemih tertekan oleh besarnya kandungan.

    Yang terpenting adalah jangan sampai menahan kencing karena bisa memperberat kerja ginjal. Kalau memang terlalu menyiksa silakan konsultasikan ke dokter spesialis atau bisa juga konsumsi herbal super lutein untuk memperbaiki metabolisme pada ginjal agar berfungsi normal kembali.

    [Reply]

  3. Hariyanto July 6, 2011 at 10:09 am - Reply

    Saya pria usia 37 tahun, baru2 ini saya mengalami sering kencing, setelah kencing selesai, masih ada keinginan untuk kencing lagi seakan akan di kandung kemih masih ada yang harus dikeluarkan lagi. Kalau saya minum banyak maka keluar air seni nya juga banyak, tapi kalau sedikit minum maka sedikit juga keluarnya, frekuensinya kencing lebih sering, sehari bisa lebih dari 8 kali. Saya masih bisa menahan supaya tidak mengompol, tapi saya merasa risih dan capek harus bolak balik ke wc. Gejala penyakit apa yang sedang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih..

    [Reply]

  4. sweetspe July 6, 2011 at 12:36 pm - Reply

    Pak Harianto, Sehari kencing 8 kali tidaklah terlalu dirisaukan karena banyak sebab misalnya banyak minum, konsumsi kafein dll. Yang perlu diwaspadai adalah apabila kencing itu disertai dengan rasa sakit dan sedikit-sedikit, ini berarti ada sesuatu yang tidak beres pada saluran ginjal. Sering kencing yang dialami kaum pria biasanya berhubungan dengan kesehatan prostat dan kandung kemihnya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang keluhan Pak Harianto sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis terdekat. Atau Pak Harianto bisa konsumsi herbal super lutein yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk untuk kesehatan ginjal yaitu:
    Memulihkan pembuangan air seni
    Memulihkan inkontinensia
    Memulihkan hematuria
    Memulihkan albuminura

    Untuk informasi silahkan kunjungi : http://dilihat.com/herbalsuper semoga informasi ini berguna bagi anda yang mempunyai keluhan berbagai penyakit.
    Mencegah Impotensi

    [Reply]

  5. Sri Nurhamsah July 7, 2011 at 8:48 pm - Reply

    Saya Wanita 39 tahun, dan mempunyai anak baru 1 tahun. saat ini saya mempunyai problem sering kecing, sehari bisa lebih 8 kali. Hal tersebut terjadi apabila pagi dari bangun tidur sampai menjelang tidur. Hal ini bener bener sangat menganggu, apalagi hal ini menggangu aktivitas Ibadah saya. Untungnya kantor saya sebelahnya toilet, namun tetap saja menggangu. Apakah yang harus saya lakukan dan apakah saya harus periksa ke Lab mengenai hal tersebut. Mohon sarannya..

    [Reply]

  6. sweetspe July 8, 2011 at 7:43 am - Reply

    Bu Sri Nurhamsah, apa yang dialami Bu Sri sering dialami wanita pada umumnya, banyak minum terutama teh atau kopi bisa memicu kandung kemih cepat penuh. Kebiasaan wanita melakukan diet dengan konsumsi teh atau program diet lainnya yang larinya memperbanyak keluarnya urine. Bila memang anda sangat terganggu dengan masalah anda lebih baik ada konsultasikan dengan dokter anda untuk mengetahui apa ada masalah lainnya seputar kesehatan anda. Super lutein baik untuk kesehatan anda bisa membantu anda menyelesaikan keluhan anda termasuk bila anda menderita salah satu penyakit. terima kasih.

    [Reply]

  7. lelly July 9, 2011 at 1:46 pm - Reply

    Saya ibu hamil 6 bulan berusia 24 tahun. Sebelum hamil saya sudah sering kecing rata2 sehari lebih dari 10 x. Disaat tertentu saya bisa kencing setiap 30 menit sekali. Menurut saya apa yang saya alami tidak seperti kebanyakan wanita pada umumnya. Pada saat hamil frekuensi kencing saya ditambah saat malam hari. Saya sudah cek glukosa ternyata normal. Sebenarnya ini penyakit apa dan apa yang sebaiknya saya lakukan? terima kasih.

    [Reply]

  8. sweetspe July 10, 2011 at 7:56 am - Reply

    Ibu Lelly, apa keluarga ibu mempunyai riwayat diabetes? Kalau memang ada, kenali ciri2 diabetes salah satunya adalah sering harus dan sering kencing, sering lapar walaupun sudah makan, selalu lesu walaupun makan banyak. Infeksi saluran kencing juga lebih rentan bagi kaum wanita atau kemungkinan juga kondisi kandung kemih ibu lely terlalu aktif. Kalau memang ibu ada keluarga yg mempunyai riwayat diabetes sebaiknya ibu periksakan (cek darah lengkap) untuk mengetahui kepastian apa yg diderita ibu. Dan Bila apa yang ibu rasakan sangat menyiksa lebih baik konsultasikan ke dokter ibu. Kondisi hamil akan memicu untuk lebih sering kencing apalagi bila nanti memasuki trisemester ke 3, kondisi kandung kemih semakin turun karena terdesak oleh besarnya kandungan. Untuk menormalkan kondisi kandung kemih yang bermasalah ibu juga bisa mengkonsumsi super lutein karena baik sekali untuk kesehatan ginjal dan baik untuk semua penyakit. Super lutein juga aman untuk kandungan ibu dan malahan sangat baik untuk kondisi janin ibu karena lutein dan zeaxanthin dalam super lutein akan membantu kesempurnaan perkembangan janin ibu sehingga lahir lebih sehat dan lebih cantik. Terima kasih semoga informasi ini membantu ibu.

    [Reply]

  9. Sundari July 16, 2011 at 10:52 pm - Reply

    saya wanita usia 25thn,,, saya mengalami beser setelah 6 hari menikah, rasa ingin buang air kecilnya saya rasakan siang dan malam, bahkan ketika beraktifitas, awalnya saya buang air seperti biasa tetapi tak lama setelah saya buang air, saya merasakan ingin buang air terus2an. Dan kadang terasa gatal. kadang saya menahan rasa ingin buang air karena cuma sedikit air yg keluar tdk seperti biasanya, saya sering merasakan ingin buang air kebanyakan ketika sedang berdiri, tapi selagi duduk pun saya rasakan.

    karena saya merasa risih, cape, akhirnya saya minta d pijit (di tukang pijit), takutnya turun kandung kemih, ternyata menurut tukang pijit memang saya mengalami turun kandung kemih dan turun rahim, setelah saya di pijit/di urut saya tidak merasakan lagi rasa ingin buang air yg terus2an. besoknya saya melakukan hubungan dengan suami, dan rasa ingin buang air terus2n saya alami lagi sampai sekarng,

    apakah benar yang saya alami skrg ini karena turun kandung kemih ? sebenarnya apa yg terjadi pada saya? saya minta solusinya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    [Reply]

  10. sweetspe July 16, 2011 at 11:22 pm - Reply

    Apa yang dialami saudari Sundari ada beberapa kemungkinan, yaitu:
    1. mungkin karena sindrom pasca perkawinan, biasanya karena pengaruh faktor psikologi, dimana sindrom ini biasanya berlaku pada wanita yang pertama kali melakukan hubungan intim dan itu akan bisa hilang dgn sendirinya. Ketidaksiapan secara psikis
    2. Infeksi kandung kemih disebabkan adanya penularan dari pasangan atau karena sebab lainnya, dan ini harus diperiksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab utamanya.
    3. Sistitis interstisial. Radang dinding kandung kemih kronis yang tidak diketahui penyebabnya ini ditandai dengan nyeri di daerah kandung kemih dan panggul. Gejala utama sistitis adalah dorongan kuat untuk buang air kecil, setiap kalinya hanya mengeluarkan sejumlah kecil urin (Jawa: anyang-anyangen).
    4. Kandung kemih terlalu aktif. Beberapa orang sering buang air kecil terutama di malam hari. Gejala ini disebut nokturia dan biasanya mempengaruhi orang berusia lebih dari 50 tahun, ibu hamil, pria dengan kanker prostat dan gagal jantung. Normalnya, produksi urin di malam hari berkurang sehingga Anda dapat tidur dengan damai. Dalam kasus nokturia, produksi urin tetap besar sehingga mengakibatkan sering buang air kecil.

    Jika keluhan Sundari terlalu menyiksa sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya, kalau sudah ada pengobatan dari dokter dan anda masih mengalami hal serupa itu berarti pasangan anda yang bermasalah. Periksa kan diri sedini mungkin agar bisa diketahui sebab dan tindakan yg harus dilakukan.
    Atau Sundari bisa mencoba herbal super lutein yang sangat baik untuk ginjal dalam mengatur keluarnya air seni, herbal ini sangat amat dan bisa untuk semua jenis keluhan. Untuk mengetahui info lebih lengkap silakan buka http://sweetspearls.com/naturallyplusindonesia/. Semoga info ini bermanfaat untuk kesehatan Sundari sendiri.

    [Reply]

  11. Sundari July 17, 2011 at 10:40 am - Reply

    selain permasalahan yg telah saya sebutkan, saya juga sering mengalami rasa nyeri setelah buang air kecil,cara mengatasinya bagaimana?terima kasih

    [Reply]

  12. sweetspe July 17, 2011 at 1:13 pm - Reply

    Saudari Sundari, rasa nyeri setelah buang air kecil yang biasanya disebut anyang-anyangen (jawa) bila tidak disebabkan oleh virus atau bakteri bisa diatasi dengan banyak minum air putih minimal 3 liter sehari..Hindari dulu minuman bersoda, kafein atau teh. Rasa sakit setelah buang air kecil bisa juga disebabkan saluran kemih dan ginjal anda bermasalah. Bila keluhan anda sudah terjadi lama sebaiknya anda ke dokter agar diketahui sebabnya lebih jelas. Menunda pemeriksaan akan memperlambat tindakan pencegahan dan pengobatan dan tentunya merugikan diri sendiri. Anda juga bisa mencoba herbal super lutein yang akan membantu kinerja ginjal dan kandung kemih agar kembali normal. terima kasih…semoga ini membantu.

    [Reply]

  13. icha July 21, 2011 at 2:26 pm - Reply

    saya wanita usia 23 tahun saya ingin bertanya mengapa setelah buang air kecil bagian kewanitaan saya merasa nyeri sekali bahkan sakit tapi masalahnya air seni saya bening sekali apakah ada masalah dengan kewanitaan saya? jika ya mohon berikan solusi atas solusi yang diberikan sya ucapkan terimakasih. gb

    [Reply]

  14. sweetspe July 21, 2011 at 4:56 pm - Reply

    Saudari Icha, wanita rentan sekali mengalami infeksi saluran kemih bukan karena jorok lho. Apa Icha mengalami keputihan atau keluhan lainnya? Wanita sering kali terlalu bersih membersihak organ intimnya dan kadang dengan menggunakan sabut antiseptik. kebiasaan itulah yang tidak baik karena akan membunuh bakteri baik yang berkembang di daerah kewanitaan. Wanita juga rentan menderita miom atau kista (tumor jinak) yang bisa mendorong kandung kemih sehingga menimbulkan nyeri pada vagina. Kalau keluhan Icha sudah lama sebaiknya periksakan diri ke dokter agar diketahui penyebab pastinya. Ketahui sedini mungkin agar semakin mudah dalam mengobatinya.

    [Reply]

  15. Konan July 29, 2011 at 9:40 pm - Reply

    Saya wanita usia 20 thn. Saya sring skali pipis. Bs lebih dr 10x shari. Padahal saya mengonsumsi air tdk trlalu banyak. Pola hidup saya sama kaya org kbnyakan. Tdk sehat2 amat tp jg tdk parah. Hal ini sudah saya alami dr smp atau sma. Saya takut ini gejala diabetes. Tp saya kurus (37kg) dan tdk ada riwayat diabetes dlm keluarga.
    Saya mohon solusinya. Terima kasih bnyak..

    [Reply]

  16. sweetspe July 30, 2011 at 6:54 am - Reply

    Mbak Konan, banyak sebab kenapa anda sering sekali kencing, minum air putih 3 liter sehari/lebih sesuai kebutuhan adalah sangat baik untuk tubuh, hindari minum teh, kopi, minuman bersoda, karena minuman itu pemicu sering kencing, lebih baik perbanyak minum air putih untuk membersihkan tubuh anda. Penderita diabetes tidak selamanya berasal dari riwayat keluarga diabetes, jaman sekarang pola hidup yang tidak sehat bisa jadi pemicu diabetes, dan bukan berarti penderita diabetes itu selalu orang yang gemuk malahan banyak orang penderita diabetes yang akhirnya kurus karena penyakitnya, apalagi kalau anda dulunya gemuk dan sekarang menjadi kurus, itu salah satu gejala yg perlu diwaspadai. Kalau anda merasa itu sangat mengganggu anda lebh baik periksakan ke dokter terdekat. Atau anda bisa konsumsi super lutein untuk memperbaiki metabolisme tubuh anda yang sedang mengalami gangguan, minum secara rutin maka anda akan mendapatkan hasilnya apalagi kalau anda sedang menderita suatu penyakit. Terima kasih semoga ini bermanfaat untuk anda.

    [Reply]

  17. ali August 4, 2011 at 3:21 pm - Reply

    numpang tanya, saya seorang pria berumur 30 tahun, beberapa hari ini saya mengalami gejala selalu ingin buang air kecil, bahkan dalam 1 jam bisa beberapa kali walau hanya sedikit, sehingga menyulitkan saya untuk bepergian, saya juga mengalami gejala pada pencernaan. Tapi semua itu hanya terjadi pada saat bepergian saja, ketika dirumah semua gejala tersebut tidak muncul. Mohon bantuannya.

    [Reply]

  18. sweetspe August 5, 2011 at 11:08 am - Reply

    Sdr. Ali… buang air kecil dengan kuantitas yang sedikit (anyang-anyangen) bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih, minimal 3 liter/hari atau disesuaikan dengan berat tubuh, semakin gemuk kebutuhan air putih juga semakin banyak. Hindari minuman bersoda dan kafein. Untuk masalah pencernaan anda dan keluhan buang air kecil anda, anda bisa konsumsi suplemen herbal super lutein untuk melancarkan/menormalkan fungsi kandung kemih dan menstabilkan metabolisme dalam tubuh anda. Gejala gangguan pencernaan disebabkan adanya asam lambung yg berlebihan, konsumsi makanan yang mengandung unsur basa yang terdapat dalam sayuran dan buahan adalah pilihan terbaik untuk makanan sehat anda. terima kasih semga info ini bermanfaat untuk anda.

    [Reply]

  19. kiki listya rini August 6, 2011 at 10:19 am - Reply

    saya wanita ber umur 25 tahun punya anak 1 akhir-akhir ini saya sering kencing sampai g ke itung berapa kali sehari!saya mengeluarkan kencing itu g sakit tapi g bisa di tahan,…kadang sampek malu berpergian gara2 kencing terus ada g obat yang isa mengobatinya semacam obat tradisional apa obat yang lainnya!solanya saya juga tergangu pada saat kerja!untungnya ruangan saya dekat dengan toilet!tapi saya berhenti kencing ketika sudah tidur lelap baru saya g pengen kencing lagi!trs apa saya ini juga ada gejalah penyakit infeksi kantong kemih g yach!padahal saya tidak suka manis tapi kenapa koq pipisan trs kdg smpek putus asa!mohon bantuaanya dan sarannya harus minum obat apa saya ini!thank’s!

    [Reply]

  20. sweetspe August 6, 2011 at 10:35 am - Reply

    Mbak Kiki, ada herbal yang dapat membantu mengatasi keluhan anda yaitu super lutein dimana sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih anda yaitu diantaranya:
    Memulihkan pembuangan air seni
    Memulihkan inkontinensia
    Memulihkan hematuria
    Memulihkan albuminura
    Mencegah Impotensi

    Untuk informasi silahkan kunjungi : http://dilihat.com/herbalsuper semoga informasi ini berguna bagi anda yang mempunyai keluhan berbagai penyakit.

    [Reply]

  21. mitha August 7, 2011 at 5:19 pm - Reply

    saya perempuan umur 20 thn…kenapa pasa saya datang haid sring banget buat air kecil??? saya kira itu mungkin gejalah pada saya datang bulan..tapi setelah saya slesai datang bulan juga gitu..sring buang air kecil,kadang juga ga bsa tahan…dan pada saat saya buang air kecil kantung kemih saya suka sakit..ini baru kejadian pertama..apa si sebab nya….tolong di reply ya makasi

    [Reply]

  22. sweetspe August 8, 2011 at 5:21 am - Reply

    Dear Mitha, Keinginan buang air kecil saat lagi menstuasi itu hal yang wajar karena Hormon dalam tubuh perempuan berubah terus sepanjang bulan. Tepat sebelum menstruasi biasanya kelembaban wanita meningkat. Dalam beberapa hari menstruasi, kelembaban ekstra itu meninggalkan tubuh sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil. Jangan sampai menahan keinginan untuk kencing yang akan mengakibatkan sakit pada kantung kemih. Bila rasa kantung kemih seringkali berulang segera konsultasikan ke dokter anda karena dikuatirkan ada gangguan pada kandung kemih atau gangguan lainnya. Untuk menyembuhkan keluhan anda, anda bisa mengkonsumsi super lutein yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh termasuk ginjal dan kandung kemih. Terima kasih, semoga informasi ini barmanfaat untuk anda

    [Reply]

  23. riki August 9, 2011 at 12:53 am - Reply

    saya riki umur 21 th…..
    saya setiap malam sering mengalami buang air kecil, apakah ada solusi agar paerkemida malam hari saya tidak terlalu banyak untuk berkemih ?

    [Reply]

  24. sweetspe August 9, 2011 at 7:17 am - Reply

    Riki, ada herbal yang dapat membantu mengatasi keluhan anda yaitu super lutein dimana sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih anda yaitu diantaranya:
    Memulihkan pembuangan air seni
    Memulihkan inkontinensia
    Memulihkan hematuria
    Memulihkan albuminura
    Mencegah Impotensi

    Untuk informasi silahkan kunjungi : http://dilihat.com/herbalsuper semoga informasi ini berguna bagi anda yang mempunyai keluhan berbagai penyakit.

    [Reply]

  25. Sonny August 10, 2011 at 6:25 am - Reply

    Dear Dokter,
    Saya Pria,26 tahun. Saya juga megalamai hal yang sama seperti teman2 diatas, sampai suatu hari saya mengunjungi Dokter di suatu Rumah Sakit di daerah Bogor. Setelah di check (scan dan test lab urine), dokter menginformasi kan kalau ginjal,liver dan prostat saya aman, tidak ada diabetes atau pun batu ginjal. Kemudian Beliau juga menginformasikan bahwa saya mengalami Overactive Bladder, sang Dokter menyarankan saya untuk tidak terlalu memaksakan diri untuk minum terlalu banyak, dan memberikan dua jenis obat, yang sudah saya konsumsi dua hari ini, sekarang masalah nya adalah, kadang saya sudah berasa ingin kencing (kantung kemih saya penuh),namun apabila sudah dikamar mandi dan ingin kencing, saya seperti nya perlu waktu untuk memerintahkan badan saya mengeluarkan kencing, dan butuh waktu agak lama 2-3 menit. Kira2 apa yang terjadi pada saya ya Dokter.
    Saya mengharapkan sekali jawaban Dokter terhadap permasalahan saya, sebagai second opinion saya untuk mengambik tindakan lain nya.
    Sebelum nya saya mengucapkan terima kasih banyak

    [Reply]

  26. sweetspe August 10, 2011 at 10:48 am - Reply

    Mas Sonny, Overactive Bladder yang anda alami dikarena adanya sistem metabolisme tubuh anda yang kurang berfungsi maksimal misalnya ginjal dan kandung kemih. Hindari minuman yang merangsang keinginan kencing yang terlalu sering misalnya kopi, teh, soft drink dan minuman alkohol lainnya. Ada herbal yang bisa memperbaiki metabolisme tubuh anda terutama untuk kandung kemih yang terlalu aktif atau untuk menyembuhkan keluhan lainnya. Namanya super lutein. Konsumsi super lutein secara teratur selama 1 bulan (1 botol) akan dapat menuntaskan keluhan anda. super lutein dimana sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih anda yaitu diantaranya:
    Memulihkan pembuangan air seni
    Memulihkan inkontinensia
    Memulihkan hematuria
    Memulihkan albuminura
    Mencegah Impotensi

    Untuk informasi silahkan kunjungi : http://dilihat.com/herbalsuper semoga informasi ini berguna bagi anda yang mempunyai keluhan berbagai penyakit.

    [Reply]

  27. diah August 22, 2011 at 12:09 pm - Reply

    saya wanita,23th beberapa bulan ini sy mengalami sakit ketika mau buang air kcil terasa perih,kadang2 air kencing langsung keluar gak sempat k toilet,kadang2 air kencing byk yg kluar dan kadang2 cuma 2 atau 3 tetes yg keluar masalahnya bentar2 sudah mau kencing lagi baru keluar dari toilet sudah mau kencing lagi setelah buang air kencing tu terasa sakit lagi kadang sakitnya belum hilang sudah mau kencing lagi.hal inilah yang membuat saya risih,lesu ,cape,lelah. apakah penyakit yang saya alami dan bagaiman solusinya?. sebelumny sy ucapkan terima kasih

    [Reply]

  28. Sweetspe August 22, 2011 at 12:56 pm - Reply

    Mbak Diah, dari keluhan mbak kemungkinan anda menderita infeksi kandung kemih atau kandung kemih lagi aktif. Segera kunjungi dokter tempat terdekat anda untuk mengetahui sebab pastinya. Atau anda bisa coba herbal super lutein yang dapat memulihkan kesehatan ginjal dan kandung kemih. Semoga ini bermanfaat untuk anda.

    [Reply]

  29. diah August 22, 2011 at 3:03 pm - Reply

    kemarin sudah periksa kedokter di puskesmas,doktr blng sy jarang minum air putih dan sering nahan kencing,itu benar memng iya,doktr ksih obat,bgitu mnum obat skitnya hilang air kencing kluarnya bnyak dan lancar malah jadi beser,baru sja abis kencing mulai mau kencing lagi.tetapi bgitu sudah hbis obatnya beberapa minggu ataw beberapa bulan kemudian sakitnya kembuh lagi.kencing dalam 1 hari tu pasti ada rasa sakit nyeri dan perih..itulah yang membuat sy khawatir.yg menjadi prtanyaan sy apakh disebabkn pgaruh itu membuat sy tidak bisa hamil dan apakah ada penyakit lain yg sy alami selain pnyakit kandung kemih.sebelumnya sy ucapkn trima kasih…

    [Reply]

  30. linda August 22, 2011 at 3:33 pm - Reply

    saya perempuan umur 20thn.
    saya mau tanya sama mbak, saya sdh 2 hari sering kencing bahkan gak kehitung berapa kali dlm 1 jam dan rasanya nyeri sekali, saya sedang mengonsumsi obat Volat dan saya sdg mendambakan seorang momongan, apa ini gejala mau hamil atau ada penyakit lain tlg penjelasannya mbak,
    mkasih

    [Reply]

  31. Sweetspe August 22, 2011 at 5:27 pm - Reply

    Mbak Diah, dari keluhan anda sebaiknya anda mengkonsumsi super lutein, semua keluhan anda akan teratasi. super lutein dimana sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih anda yaitu diantaranya:
    Memulihkan pembuangan air seni
    Memulihkan inkontinensia
    Memulihkan hematuria
    Memulihkan albuminura
    Mencegah Impotensi

    Super lutein juga sangat baik untuk rahim dalam hal mencegah dan mengobati penyakit dalam rahim dan menambah kesuburan kandungan anda.

    [Reply]

  32. Sweetspe August 22, 2011 at 5:30 pm - Reply

    Mbak Linda, untuk bisa hamil lebih baik anda mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bisa menambah kesuburan. Konsumsi suplemen yang tidak berasal dari bahan alami akan menimbulkan efek samping yang tidak selamanya bagus untuk kesehatan. Untuk mengetahui lebih jelas keluhan anda sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

    [Reply]

  33. lastri August 22, 2011 at 8:56 pm - Reply

    saya wanita 25th, sudah menikah 2th lebih belum dapat momongan ,selain itu sy juga sering menderita sakit kencing yg trasa perih dan apabila setip sy abiz melakukan hubungan intim dg suami sy,sperma yg masuk ke dalam rAHim itu kok keluar lagi,seolah2 rahim nolak tdk bisa mnerima sperma masuk kerahim.mengapa sperma tidak bisa masuk ke dalam rahim dan bagaimana solusinya?apakah penyebab kesemua keluhan sy itu yng membuat sy tidak bisa hamil sampai sekarng?

    [Reply]

  34. diah August 22, 2011 at 8:57 pm - Reply

    saya wanita 23th, sudah menikah 2th lebih belum dapat momongan ,selain itu sy juga sering menderita sakit kencing yg trasa perih dan apabila setip sy abiz melakukan hubungan intim dg suami sy,sperma yg masuk ke dalam rAHim itu kok keluar lagi,seolah2 rahim nolak tdk bisa mnerima sperma masuk kerahim.mengapa sperma tidak bisa masuk ke dalam rahim dan bagaimana solusinya?apakah penyebab kesemua keluhan sy itu yng membuat sy tidak bisa hamil sampai sekarng?

    [Reply]

  35. Sweetspe August 23, 2011 at 6:05 am - Reply

    Mbak Latri dan Mbak Diah, sebab belum juga hamil banyak sebabnya sebaiknya anda ke dokter kandungan untuk memeriksakan diri dan sebaiknya ajak juga pasangan anda karena penentu kehamilan terdapat suami dan istri. Itu akan menjawab semua pertanyaan anda karena memerlukan diagnosa yang tepat untuk melakukan penangannya. kalau anda mau mencoba super lutein itu akan membantu keluhan kencing anda dan membersihkan rahim dari semua jenis penyakit rahim. semoga info ini bermanfaat untuk anda.

    [Reply]

  36. linda August 24, 2011 at 10:43 am - Reply

    buat mbk yang udah kasih saran, saya ucapkan terimah kasih
    gini mbak saya udah konsul ke dokter kandungan terus saya di kasih obat folac katanya obat itu gak ada epek sampingnya, tapi aku tidak tahu mengapa ya aku sering kencing, nyeri lagi rasanya, saya blm check up RS karena blm tiba waktu yang telah di tentukan oleh dokter tsb. menurut mbak kira2 ada gak yah cara mengatasi penyakit tsb selain dari minum obat,

    [Reply]

  37. sweetspe August 24, 2011 at 2:34 pm - Reply

    Mbak Linda, mungkin ada gangguan di saluran kencing dan kandung kemih. Konsumsi air putih sebanyak mungkin minimal 3 liter sehari dan disesuaikan dengan berat badan. Jangan suka menahan kencing karena itu dampaknya tidak bagus.

    [Reply]

  38. linda August 25, 2011 at 8:09 am - Reply

    makasih ya mbak.
    atas sarannya saya memang agak kurang minum air putih.

    [Reply]

  39. mira August 25, 2011 at 12:25 pm - Reply

    saya gadis 25 tahun,sering sekali buang air kecil.blakangan 1jam sekali.apalagi jika dibawa berdiri.jika dekat wkt mens 10menit sekali.kalo duduk juga sudah mulai sering.perut bagian kiri terasa sakit,ari ari bawah juga terkadang sakit.ada yang bilang naiki kaki ke atas dinding dengan posisi tidur dapat menaikan ari ari.memang sy sk angkat berat2.terlebih lg sejak kerja yg mengharuskan saya berdiri 8 jam.jika terlalu capekpun kadang keputihan..jika saya menahan kencing,airnya akan kekuningan..apa yg harus saya lakukan?dimana saya dapat membeli obat super lutein?saya takut sekali karena saya blm menikah dan memiliki anak.

    [Reply]

  40. sweetspe August 25, 2011 at 6:33 pm - Reply

    Mbak Mira, menahan kencing bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Sebaiknya jangan terlalu mengangkat beban yang berlebihan karena tidak bagus untuk perempuan apalagi bagi mereka yang sudah mempunyai anak karena bisa membuah perut dan rahim tertekan sehingga menimbulkan rasa sakit pada perut. Sebaiknya mbak Mira istirahat yang cukup, agar badan selalu fit. Super lutein bisa anda dapatkan secara online, anda bisa sms ke no +6283857257768, ketik pemesanan anda, nama lengkap dan alamat anda, serta keluhannya apa. super lutein sangat baik untuk kesehatan ginjal, kandung kemih, rahim, kulit dan organ tubuh lainnya. Harga Rp. 1,3 juta + ongkos kirim (luar jabotabek). Pembayaran via bank mandiri. Setelah transfer mohon info. Pemesanan segera diproses dan dikirim ke alamat anda.

    [Reply]

  41. rudy August 29, 2011 at 11:59 pm - Reply

    saya laki-laki umur 17 tahun.. dahulu saya pernah mengalami trauma mengenai buang air kecil(saya mengompol waktu di bangku kelas 1 SD dan ditertawakan) sampai saat ini saya masih merasakan efek dari traumanya.. terkadang saya merasa kalau saya bisa menahan untuk berkemih namun terkadang pula saya takut kejadian yang dulu terulang kembali.. selain itu di lingkungan yang dingin saya cepat sekali merasa kantung kemih saya serasa penuh dan harus segera berkemih..(yang sebenarnya masih dapat tertahan juga), perasaan itu muncul sekitar satu hingga dua jam sekali.. pertanyaan saya adalah apakah hal ini normal? dan apakah hal yang saya alami ini hanya disebabkan oleh faktor psikologis(trauma) ataukah memang ada gangguan? jika memang ada gangguan, saya mohon agar diberi solusi.. karena ini cukup menggangu aktivitas saya. Trims

    [Reply]

  42. rudy August 30, 2011 at 12:11 am - Reply

    tambahan : saya kurang minum air putih selama ini.. mungkin hanya 3 gelas sehari, trims

    [Reply]

  43. Kurniawan September 1, 2011 at 4:03 pm - Reply

    saya laki-laki 35 tahun dan saya ingin bertanya..saya memiliki ganguan kencing terutama ketika saya kedinginan/pada saat minum air dingin dan saya 1 hari bisa kencing 7x yang saya pertanyakan apakah normal kencing 1x per hari sedangkan memang saya suka sekali minum terutama air es…terima kasih

    [Reply]

  44. thisna September 4, 2011 at 11:00 pm - Reply

    saya tisna,,,
    ibu sya umur 39,,, ibu sering kencing tiap mlm,,,
    gatal-gatal,, dan perut sebelah kiri sering sakit,,,, kira2 ibu saya skit p y????
    mksih seblumny….

    [Reply]

  45. Sweetspe September 5, 2011 at 9:03 am - Reply

    Mbak Thisna, banyak sebab kenapa ibu anda sering kencing salah satunya karena kandung kemih terlalu aktif atau adanya infeksi saluran kemih. Sering kencing dan gatal-gatal serta perut sebelah kiri sering sakit bisa jadi ada gelaja penyakit lainnya. sebaiknya ibu anda periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Atau ibu anda bisa mencoba terapi herbal. Ada 2 jenis herbal yang bisa digunakan yaitu super lutein (herbal jepang) atau xamthone plus (herbal indonesia). Keduanya berfungsi mengatur dan memperbaiki kerja ginjal dan kandung kemih. semoga info ini bermanfaat untuk anda.

    [Reply]

  46. tutur September 6, 2011 at 7:18 am - Reply

    SY PRIA BERUMUR 27 TAHUN SERING BUANG AIR KECIL, APALAGI SETELAH SAYA MELAKUKAN Onani, apakah onani memicu sering buang air kecil????

    [Reply]

  47. IIN.CS September 6, 2011 at 7:58 am - Reply

    Bagaimana carax kita mengatasi orang yang steruk terus sering kencing?

    [Reply]

  48. IIN.CS September 6, 2011 at 8:02 am - Reply

    Bagaimana cara mengatasi/mengobati orang tua yang umurnya 45 tahun yang terkena steruk trus sering buang air kecil? kalau bisa jawabannya saya tunggu secepatnya

    [Reply]

  49. Sweetspe September 6, 2011 at 8:26 am - Reply

    Mbak IIN, untuk mengobati stroke beserta komplikasinya termasuk sering buang air kecil ada 2 herbal yang bisa dipilih yaitu super lutein (herbal jepang) dan xamthone plus (herbal asli indonesia), kandungan keduanya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan stroke. konsumsi bertahap akan menyembuhkan stroke secara berlahan dan pasti. jadi tidak hanya keluhan kencing yang terlalu sering yg bisa disembuhkan tapi juga stroke itu sendiri. semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

    [Reply]

  50. Sweetspe September 6, 2011 at 8:28 am - Reply

    Mas Tutur, onani seperti yang kita ketahui itu tidak baik untuk kesehatan, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan dan psikologi anda. Bisa jadi sering buang air kecing ada hubungannya dengan onani yang sering anda lakukan. lebih baik mulailah hidup dengan sedapat mungkin untuk tidak melakukannya, atau memang bila anda sudah siap lahir dan batin kenapa tidak menikah saja?

    [Reply]

  51. IIN.CS September 6, 2011 at 8:45 am - Reply

    Dimana kita bisa mendapatkan obat herbal itu?

    [Reply]

  52. IIN.CS September 6, 2011 at 8:57 am - Reply

    Dimana kita bisa mendapatkan obat herbal yang dimaksud itu?

    [Reply]

  53. HULE September 6, 2011 at 10:30 am - Reply

    Mbak kira2 apa pencegah sering buang air kecil ketika bepergian… mksih

    [Reply]

  54. Sweetspe September 6, 2011 at 11:48 am - Reply

    Mbak IIN, anda bisa kunjungi website:http://sweetspearls.com/slutena/ untuk super lutein dan http://obatherbal.sweetspearls.com/2011/09/04/xamthone-obat-herbal-penyakit-stroke/ untuk xamthone plus.

    [Reply]

  55. made September 8, 2011 at 1:13 am - Reply

    dear….ibuku pasang kb hampir 30 th. maka dr itu kb saya suruh buka aja
    pas dibuka ada lecet dikit .sehingga sekarang ibu saya sering buang air kecil dlm jmlah yg normal.dalam sehari bs sampai 20 kali.sudah 3 minggu lbh tdk ada perubahan..solusinya apa yaa
    thx

    [Reply]

  56. sweetspe September 8, 2011 at 5:49 am - Reply

    Sdr Made, untuk mengatasi gangguan saluran kencing ibu anda bisa mencoba konsumsi xamthone plus atau super lutein untuk menormalkan kembali ginjal dan kandung kemihnya. Bila lecet yang dialami oleh ibu anda disertai dengan keputihan bisa jadi terjadi infeksi.

    [Reply]

  57. mego September 18, 2011 at 12:26 pm - Reply

    sy sering buang air kecil,tidak PD kluar dan selalu ada beban yang menggangu dipikiran…………. rsanya mau gila,,,,,,,,,,,,yang lbih parahnya saya sering terganggu dengan masa lalu, dan takut apa yang terjadi saat nich terhadapku akan berlanjut ke keturunanku nantinya.apakah hal nich termaksud gejalah dari penyakit tersebut

    [Reply]

  58. qieqie September 20, 2011 at 1:46 am - Reply

    dimanakah saya bsa mndpatkan obat kolinergik tersebut ???
    apakah penyakit ini dapat dihilangkan ???? terima kasih info.a ???

    [Reply]

  59. Sweetspe September 20, 2011 at 3:05 pm - Reply

    Sdr Mego, melihat apa yang ada rasakan sepertinya sering buang air kecil yang anda alami karena faktor psikologi saja karena ketakutan dan gangguan masa lalu yang membuat anda merasa khawatir dan takut. Cobalah lebih rileks dalam menjalani saat sekarang, jauhkan bayangan buruk masa lalu anda. Hilangkan perasaan tidak nyaman yang selalu tertanam dalam alam bawah sadar anda. Inilah yang membuat anda selalu berpikiran selalu ingin buang air kecil. Untuk mengatasi masalah anda cobalah konsumsi herbal super lutein atau xamthone plus, ini akan membantu memperbaiki kinerja ginjal dan kandung kemih sehingga berfungsi normal kembali.

    [Reply]

  60. Sweetspe September 20, 2011 at 3:42 pm - Reply

    Sdr Qieqie, untuk mengatasi semua keluhan di atas anda bisa mencoba herbal super lutein, xamthone plus atau cordy juice, ketiga herbal ini sangat baik untuk ginjal dan kandung kemih. Herbal tersebut juga berfungsi untuk mencegah dan mengobati semua keluhan sakit.

    [Reply]

  61. puji lestari October 4, 2011 at 12:56 pm - Reply

    bagaimana cara mengatasi penyakit itu agar cepat sembuh???

    [Reply]

  62. Aprilia October 4, 2011 at 1:48 pm - Reply

    Mbak Puji, anda bisa mencoba memilih dari salah satu herbal super lutein, xamthone plus, jelly gamat atau cordy Juice, herbal ini terbukti dalam mengatasi masalah ginjal dan kandung kemih.

    [Reply]

  63. edi October 6, 2011 at 10:32 am - Reply

    saya sangat sering buang air kecil,plaze tlng banget obat apa yg cocok buat saya dan harus beli dmn obatnya..?
    ini terjadi sudah sangat lama ,apalagi kalo musim hujan huh kencing terus gmn caranya mengatasi…??

    [Reply]

  64. edi October 6, 2011 at 10:37 am - Reply

    selamat pagi, saya sering banget kencing udah lama sekali penyakit ini menyerang saya,kemarin ke laboratorim periksa ,kadar gula saya dibawah normal,asam urat saya juga bagus,darah saya normal,cuma keluhanya sering beser, apa kiranya obat yg bagus n patent ? dan dimana saya harus membelinya ??
    ini serius tlng balez hp saya 02194704457,via sms jg gak apa2
    thanxz

    [Reply]

  65. andri October 22, 2011 at 7:09 pm - Reply

    Selamat malam,krg lebih sdh 21 tahun saya mengalami sering buang air kecil (sejak thn 1990 sd saat ini).Saya hitung rata-rata 25 kali sehari saya buang air kecil, sdh bisa dibayangkan bagaimana tdk nyamanya saya.Anehnya apabila saya sdg mengalami sakit biasa seperti demam atau sejenisnya, buang air kecil saya berkurang dan alangkah nikmatnya kalo saya sdh buang air kecil terasa terlampiaskan semua, tdk seperti di kala saya sehat.selain itu saya punya maag akut dan kata dokter saya jg punyenyakit usus buntu.Obat dan solusi apa bagi penyakit saya diatas???Trimakasih

    [Reply]

  66. anggit malkian November 1, 2011 at 7:57 am - Reply

    kalau sering mengalami beser dengan rasa sakit yg luar biasa, dan tidak bisa ditahan. bahkan frekuensinya 1x3menit dan hingga buang air kecil yg mengeluarkan darah, itu knapa yaa.?

    [Reply]

  67. Aprilia November 1, 2011 at 6:11 pm - Reply

    @Bpk Anggit: sering buang air kecil (beser) dan rasa sakit waktu kencing bahkan mengeluarkan darah itu kemungkinan ada infeksi saluran kencing atau gangguan prostat, bila tidak segera diobati dan ditangani dengan benar tentu akan berakibat semakin parah dan sakit waktu kencing. Anda bisa mencoba obat herbal xamthone plus, cordy juice atau super lutein untuk mengatasi gangguan kencing anda. semakin cepat diobati akan semakin cepat sembuh.

    @mas Andri, sering kencing bisa disebabkan karena kandung kemih yang terlalu aktif atau sebab lainnya. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba super lutein atau cordy juice, atau xamthone plus disamping bisa mengatasi keluhan kencing anda juga bisa mengobati radang usus buntu (aphendic)sehingga tidak sampai dioperasi.

    [Reply]

  68. rochayatun solichah November 4, 2011 at 10:09 am - Reply

    ass,, met sianx.. Sya baru 3hari ini mengalami kencing yg tdk wajar spt sebelum2nya,, sblum trjadi pinggang sya skit, krn kurang mnum air putih,, sya kencing rsanya skit,, stelah sya perbnyak minum air putih 1hr bisa habis lbih dr 2btol besar aqua. Stah prbnyak tu pula sya stiap hari buang air kecil bisa lbih dr 10 x,, tapi air kncing sya bening, n banyak pngeluarnya aie kncingnya,,..
    Sbenernya ap yg sdang trjadi sm sya,, sy tdk mrskn keluhn lain2 cuma cape mondar/ir kblakang, jongkok trs,, heee
    Mhon balasanya,, trimakasih..

    [Reply]

  69. zezi November 8, 2011 at 1:05 pm - Reply

    Saya mahasiswa, keluhan sya sering sekali buang air kecil saat d kmpus, setiap gnti jam matakuliah, setiap it jg sya pengen k kmar mndi. it knpa ya? cra mengatasinya bagaimana soalnya mengganggu sekali kalo lgi d kampus, trus klo udah d kost pngenx k kmar mndi it g sesering wktu d kmpus.n lgi sya tdk terlalu suka n sering lupa minum air putih.

    [Reply]

  70. eny November 10, 2011 at 11:26 pm - Reply

    saya perempuan berumur kurang dari 19 tahun. saya terlalu sering buang air kecil bahkan setiap jam dan tidak bisa ditahan karena akan terasa sakit. jadi saya turuti saja siang malam tetap begitu, dan itu mengganggu tidur saya dan pekerjaan saya. bagai mana cara mengatasinya ??????? tolong dijawab. terima kasih!!!!

    [Reply]

  71. orman November 19, 2011 at 10:03 am - Reply

    saya pria brumur 22thun sjak thun 2003 saya mngalami beser. dlu sich besernya bsa sampai 4jam skali tp skrang malah tambah parah bisa tiap 2 jam skali bhkan klo sdang dingin bisa tiap 10mnit skali. saya sudah periksa kdokter & mlalui bbrapa pmriksaan & alhmdllh smuanya normal2 sja, tp knpa saya bsa bser sperti ini???
    dmnakah saya dpatkan obat super lutein atau cordy juice, atau xamthone plus???

    [Reply]

  72. Aprilia November 20, 2011 at 8:26 am - Reply

    Bapak Orman, beser yang anda alami mungkin karena kondisi kandung kemih anda terlalu aktif sehingga sulit mengatur frekuensi pembuangan air seni (kencing) Untuk mendapatkan super lutein/cordy juice/xamthone plus anda cukup pesan via sms +62838572567768, tulis nama, alamat, no telp, nama produk, jumlah pembelian. pembayaran via mandiri dan pengiriman via jne/tiki, garansi sampai produk anda terima dengan baik

    [Reply]

  73. lia November 22, 2011 at 2:43 pm - Reply

    saya berumur 23 tahun, saya sering kali buang air kecil. ketika saya minum air 1 gelas maka saya akan buang air kecil sampai 3 kali dalam waktu yang dekat. saya merasa minum dgn air 1 gelas tidak sebanding dengan yang dikeluarkan bahkan sepertinya lebih banyak yang keluar daripada yang masuk. sehingga saya jarang minum air untuk menghindari baung air kecil yang terlalul banyak. tolong penjelasan mslh ini?

    [Reply]

  74. ibnu November 30, 2011 at 6:00 am - Reply

    saya berumur 21 tahun, saya sering kali buang air kecil. Dalam 5 menit sekali saya kencing dan sulit ditahan. Hal ini mulai saya alami ketika msh SD, setelh di khitan (sunat). Pdhl sblm dikhitan msh normal. Mengpa bsa sprti ini, apa obatnya dan dmn saya bsa mendptkny ?
    Trimaksh

    [Reply]

  75. yusranzainuddin December 23, 2011 at 8:45 pm - Reply

    ass… istri saya berumur 25 thn sering kecing2 tolon pak dimana sy bisa dapatkan obat herbalnya tolong di balas ini nomor hp sy 082188525000

    [Reply]

  76. yusranzainuddin December 23, 2011 at 9:17 pm - Reply

    selamat malam pak tolong penjelasannya no tlp yang bapak lampirkan tidak valid kemungkinan salah…62838572567768
    ini no tlp saya pak 082188525000 bls

    [Reply]

  77. sweetspe December 24, 2011 at 6:10 am - Reply

    Bapak Yusran, telpnya kurang kode “+” sebagai kode internasional, jadi lengkapnya +6283857257768, mohon dicoba lagi cukup sms saja y. thanks.

    [Reply]

  78. sweetspe December 24, 2011 at 6:12 am - Reply

    Mas Ibnu, anda bisa mencoba herbal super lutein untuk mengatasi keluhan anda karena sangat bagus untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih dan bisa menormalkan saluran kencing anda. untuk mendapatkannya cukup sms saja di +6283857257768, tulis nama, alamat, no telp, jumlah pemesanan, pembayaran via mandiri baru produk kami kirim ke anda. tks

    [Reply]

  79. nuri December 29, 2011 at 9:12 am - Reply

    Saya sedang hamil 2 bulan, mulai mengalami beser/ sulit menahan pipis sejak 3 bulan yg lalu ketika sebelum hamil. Jadi saya yakin ini bukan dampak dari kehamilan saya. Adakah herbal/ obat yang aman untuk dikonsumsi wanita hamil seperti saya?
    thx infonya

    [Reply]

  80. yono January 15, 2012 at 12:18 pm - Reply

    Saya pria umur 45 th, kira2 3bln belakangan ini frekuensi buang air kecil saya meningkat drastis, hampir per 2jam buang air. Saya sgt kawatir gejala ini akan timbul penyakit yg berbahaya.

    Mohon info obat yg bisa menyembukan.

    Terimakasih

    Semiyono di tangerang

    [Reply]

  81. yono January 15, 2012 at 12:23 pm - Reply

    Saya pria usia 45 thn, 3bln berjln buang air kecil per 2jam sekal- saya kawatir penyakit yg timbul karenanya. Obat apa yg cocok utk penyembuhan , mohon informasinya.

    Semiyono
    Tangerang

    [Reply]

  82. tika January 17, 2012 at 9:04 am - Reply

    aslkm.mbak sy prempuan usia 20th.3bln ne sy mgalami beser yg kseringan,sy gk pede saat pergian krna fkran sy trpacu untuk buang air kecil.mohon bantuanya?dan sy bisa beli obt itu dimana?

    [Reply]

  83. ria January 29, 2012 at 1:11 pm - Reply

    umur saya hampir 21th. sudah 2 minggu ini saya punya keluhan sering buang air kecil. setidak’a bisa sampai 10 kali lebih dalam sehari.ketika saya buang air kecil baru ingin beranjak dari kamar mandi tiba-tiba saya ingin buang air kecil lagi.itu membuat saya terkadang merasa frustasi. belum lagi rasa nyeri ketika air urin keluar. air urin yg keluar terkadang juga hanya sedikit saja. kadang saya suka punya perasaan ga enak kalo lagi jalan sama pacar. karena saya sering mao buang air kecil padahal saya belum lama habis buang air kecil di pom bensin terdekat.

    [Reply]

  84. anto February 4, 2012 at 1:06 pm - Reply

    kalau untuk laki-laki, bagai mana cara mengaasi nya……

    [Reply]

  85. anto February 4, 2012 at 1:18 pm - Reply

    saya laki-laki umur saya 28 th,saya punya keluhan terlalu sering buang air kecil,apa lg kalau abis makan dan sudah minum air, dan kalau udah terasa mau buang air kecil g’ bisa di tahan

    mohon solusi dan cara mengobatinya…..

    [Reply]

  86. Niniek February 7, 2012 at 1:47 am - Reply

    Tanya ya, kakak saya usia 63 tahun sedang mengalami sering buang air kecil tapi sedikiti-sedikit dan ada rasa nyei/ngilu dibawah perut ( saluran urine ? )…Sekarang jam 1 dini hari, kira2 apa yang harus saya lakukan ya ? Apa yg harus diminum, sambil menunggu siang untuk ke RS/dr ya ?

    [Reply]

  87. jamal February 8, 2012 at 8:30 am - Reply

    askum…pak bgmn solusininya agar sembuh,saya 1 kali setengah jam juga merasakan kepingin kencing padahal terkadang cuma sedikit…

    [Reply]

  88. sumandra February 10, 2012 at 1:25 pm - Reply

    saya punya tetangga yang punya anak kencing terus kurang lebih setiap 10 sekali,ampek kemaluanya merah” kareana sering basah,,tolong kassi tau obat yang mujarap

    [Reply]

  89. kasikin ahmad February 16, 2012 at 8:11 pm - Reply

    anak saya semenjak loncat dari pager setelah mengambil bola, tiba-tiba sering kencing, sudah saya pijat di dukun bayi sampai 4 kali tapi blm ada perubahan setelah saya periksa ke dokter katanya kemungkinan ada syaraf yang kecepit apa solusinya… tolong dong di bantu.

    [Reply]

  90. puteri alisha February 18, 2012 at 11:50 am - Reply

    saya berumur 24 tahun,,,saya sering banget kencing tak terhitung per hari,,,bahkan 1 x 1 jam,,,saya sakit apa???
    apakah obat super lutein bisa menyembuhkan say…tarima kasihhh….

    [Reply]

  91. sweetspe February 19, 2012 at 5:49 am - Reply

    Putri Alisha Untuk memastikan keluhan anda, silahkan kunjungi dokter di kota anda atau anda bisa konsumsi super lutein secara teratur, itu akan mengatasi masalah anda.

    Bpk Kasikin Ahmad,untuk mengatasi keluhan putra anda, anda bisa memberikan super lutein karena itu suplemen kesehatan yang baik untuk anak2 dan dewasa bahkan bayi sekalipun

    [Reply]

  92. Novii,, February 24, 2012 at 8:19 am - Reply

    Saya sering sekali buang air kecil, tetapi jika sudah seing buang air kecil padahal saya buang air kecil hanya sedikit, dan terkadang merasa ngilu, saya bingung apa yang harus saya lakukan, dan apa obat nya untuk menyembuhkan penyakit saya ini. terima kasih…

    [Reply]

  93. ronal March 9, 2012 at 9:45 am - Reply

    saya benar benar terganggu dengan penyakit sering buang air kecil ini….
    sehingga di malam hari di saat saya sedang tertidur pulas harus terbangung hanya untuk buang air kecil… tolong dong infoin obat apakah yang bisa menyembuhkan penyakit ini????
    saya baru mencoba dengan meminum air kelapa ijo. cuma belum ada efek nya.
    maf saya tunggu info obat penyakit yang membuat saya minder ini.dan sangat mengga jam istirahat saya
    saya memohon bantuan dari saudara semau..]
    makasih

    [Reply]

  94. sweetspe March 9, 2012 at 12:23 pm - Reply

    @ Bapak Ronal: anda bisa mengkonsumsi laminine atau super lutein untuk mengatasi keluhan anda, herbal tersebut sangat baik untuk kandung kemih dan ginjal.
    @ Ibu Novi : untuk mengatasi keluhan kencing anda, anda bisa mengkonsumsi laminine atau super lutein, karena sangat bagus untuk menormalkan kembali keluhan kencing anda.

    [Reply]

  95. rizka May 1, 2012 at 8:10 pm - Reply

    mau tnya, saya mahasiswa berumur 21 tahun, sebenarnya saya termasuk orang yang sering kencing, dari pagi sampai siang kira-kira 3-4 kali, hal ini saya anggap maklum karena saya memang sering minum, kemana-mana suka bawa air putih di botol, tapi selama 2 hari ini saya sering banget kencing, awalny saya sedang diare, katanya supaya tidak lemas ketika diare harus banyak2 minum, makanya saya minum lbih banyak dri baisanya, tapi setelah itu saya jadi sering kencing, kadang air kencingnya gag terlalu banyak keluarnya,tapi gag sakit juga kog ketika sering kencing, tapi warnanya bening, itu kenapa ya ? saya jadi takut kalau sering kencing begini, saya juga sebel bolak-balik ke toilet.
    mohon balasannya .. terima kasih ..

    [Reply]

  96. andi May 3, 2012 at 6:42 pm - Reply

    assalamu alaikum,
    mw nanya ni mba, 2 blan yg lalu sy brpindah tmpat tinggal yg shunya sngat jauh berbeda dr tempat sblumnya, yang dlunya pnas skrng jadi sngat dngin akibatnya flu tiada henti dan parahnya lgi buang air kcilnya sangat sering klau d hitnug2 skitar 20x se hari.
    sya khawatir dengan kondisi ini mhon bantunya!
    makasih sblumnya…

    [Reply]

  97. sinta May 23, 2012 at 7:15 pm - Reply

    ass, saya wanita berumur 20 thun, saya mengalami gejala yg serupa yaitu sering buang air kecil 1/2jam skali,, saya sudah berobat kmna-mna tpi tak knjung sembuh,, kira2 apa ya obat yg manjur dan berapa hrganya?

    [Reply]

  98. Andreas arie dwi antoro June 1, 2012 at 4:30 pm - Reply

    selamat sore
    mba, saya sering sekali mengalami buang air kecil 15 menit s/d 30 menit sekali,apakah itu bertanda klo saya kena gejala diabetes mba..??
    kira2 ada ga mba tuk pengobatan yang manjur supaya frekunsi buang air kecil yang saya alami itu berkurang, karena hal ini membuat saya tidak nyaman.Mohon penjelasan
    terima kasih sebelumnya

    [Reply]

  99. chibi June 6, 2012 at 3:35 pm - Reply

    ass,,
    saya mau tanya..??
    ada seseorang yang sering kencing diwaktu tidur padahal malam nya sudah ke toilet tapi sring kencing dimlm hari tanpa diketahui kalo dia ngmpol.tu gejala knpa ya..??
    terima kasih.

    [Reply]

  100. Alan June 12, 2012 at 9:53 am - Reply

    berapa kalikah jumlah kencing yang bagus bagi seorang dewasa berumur antara 35-55 dalam masa 1 hari? Dan apakah akibat atau simpton bagi seseorang yang kerap membuang air kecil purata(average) 1 hari (24Hrs) sebanyak 15-18 kali?

    [Reply]

  101. Ical July 3, 2012 at 1:21 pm - Reply

    Saya pny anak umur 6th belakangan ini sering kencing setiap 1/2 jam
    Adakah obat yg aman utk anak saya…

    [Reply]

  102. pasha dwi July 21, 2012 at 7:05 am - Reply

    sy umr 20 th,msh sngle,sy sring kencing klo shari 10x lbh,sdh be2rp kali sy priksa ke dokter dan tukang pjit,tp g ad pngruhnya,,untuk mnum shari2 jg tdk bnyk,stiap kali sy mnum langsung kncing dn seolh olah tbuh sy mnolk air yng msk dlm tbuh,,apa yng harus sy lkukn?mksh

    [Reply]

  103. M Ramli August 5, 2012 at 12:33 pm - Reply

    saya laki-laki umur 41 tahun. sejak umur 7 tahun sampai sekarang frekwensi buang air kecil/kencing berkisar antara 8 – 12 kali tergantung cuaca/kondisi ruang dan minuman. Apakah hal ini berbahaya dokter ? apakah ada hubungannya dengan tekanan darah rendah. tekanan darah saya antara 90/60 sampai 110/70. mohon penjelasannya dokter. terima kasih.

    [Reply]

  104. wandi August 26, 2012 at 6:13 pm - Reply

    ibu saya ber umur 55ngkan kencint tahun apa obat atau solosi untuk menghilangkan kencng terus menerus pada ibu saya

    [Reply]

  105. Lala August 27, 2012 at 4:43 pm - Reply

    Saya pny anak laki2 setiap 30 menit sejati kencing,knapa ya ?

    [Reply]

  106. jeefney September 4, 2012 at 11:00 pm - Reply

    saya jeefney usia 23, saya mempunyai keluhan sering buang air kecil tiap setengah jam sekali dan ditambah rasa haus dan lapar terus. padahal say tidak punya diabetes.saya kenapa ya, dok?

    [Reply]

  107. ayu dira September 14, 2012 at 3:47 pm - Reply

    saia ayu,. saia sering buang air kecil. cuma trkadang tdak bnyak. hanya sdkit. dan itu krn kdang saya mnahan air kncing untk kluar. ttapi klau tdak, ya saia buang air kcil ny tdak trlalu sring. dan saia jga tdak trlalu haus, atau pun lahap makan.
    tp knpa bsa bgtu ya ??

    [Reply]

  108. asep October 8, 2012 at 5:59 pm - Reply

    sy asep umr 20 th,msh sngle,sy sring kencing klo shari 10x lbh,ap obtnya ea buat penyakit sya ? mksih

    [Reply]

  109. andi hadijah November 10, 2012 at 12:10 pm - Reply

    adaka cara lain selain makan obat atau katalain makan buah-buahan penganti obat

    [Reply]

  110. ani November 21, 2012 at 3:44 pm - Reply

    Saya ani, saya sering skali buang air kecil, bahkan terkadang saya dalam satu jam bisa 5x buang air kecil, apa dok obat yg cocok buat saya ??
    Terima ksih

    [Reply]

  111. Ambar R November 27, 2012 at 12:30 pm - Reply

    saya ambar usia 37 tahun, memiliki keluhan sering kencing sehari 10 kali, kondisi lancar tanpa keluhan sakit, tapi sering tersisa jadi perlu menunggu 1-2 menit untuk tuntas. Saya minum air putih cukup, berbahaya tidak trims

    [Reply]

  112. cristi November 28, 2012 at 6:13 pm - Reply

    saya cristy.usia 24 tahun seminggu belakangan ini saya sering buang air kecil hingga 5-6 x stiap jam nya.bagai mana cara menghentikannya ya??karna saya merasa sangat tidk nyaman apalagi mrs.V saya terasa perih…awalnya 3 hr pertama hanya kecing2..hr ke 4 perut sebelah kiri saya terasa sakit sekali… saya sudah berobat dan pergi ke tk.urut.tp tidak ada perubahan.mohon dibantu ya???trimakasih

    [Reply]

  113. puput December 6, 2012 at 5:22 pm - Reply

    umur saya 23thn,saya perempuan sudah menikah,2bulan ini saya sering kencing,dan keluar air kecil nya kadang banyak kadang sedikit,dalam 1 jam sampai 10x,saya sudah cape terus terusan ke wc apalagi di malam hari,tidur saya samgat terganggu.bagai mana cra pengobatan nya.terima kasih.

    [Reply]

  114. anik December 16, 2012 at 11:54 am - Reply

    usia sy 29 th, sy sering BAK dalam 24 jam bisa sampai 15x an.apalagi klu habis minum keinginan BAK lebih sering.padahal porsi minum sy juga gak banyak,saat BAK sy juga tidak merasakan sakit dan biasa aja. kenapa ya sy sering BAK, bahayakah? tq

    [Reply]

  115. noval December 22, 2012 at 11:09 pm - Reply

    istri saya usianya 26th, sdh 3hr ini sering buang air kecil, dalam sehari bisa 10-15 x sehari, istri sdh tdk KB -/+ 1th, tp hingga skrg blm datang bulan jg, apakah ada pengaruhnya dengan buang2 air kecil tersebut, mohon bantuannya, trima kasih

    [Reply]

  116. egie December 24, 2012 at 11:55 am - Reply

    q gadiz umur 20 thun., q sering buang air kecil lebih dari 10 kali sehari., di samping itu q sering mnum air putih dingin., yg q takut kan., apa kah berbahaya beser bagi kesehatan?? mksih

    [Reply]

  117. adis candra nuganteng January 1, 2013 at 12:46 pm - Reply

    MENDING BERSYUKUR AJA MASIH DI KASI KENCING… ;D pada sa.at malam thn baru 2013 saya kencing 20 x dalam 1 malam.. alhamdulilah aja.. dari pada Ga bisa kencing..

    [Reply]

  118. rivaldi pradana a January 6, 2013 at 10:29 am - Reply

    Sya sering buang air kecil setelah itu saya melihat ?ï google lalu beser sya sudh mendingan . Begini cara nya teman teman abang , kakak , tante ,om lurus kan pinggul tarik napas lalu tahan lepaskan dengan lembut sambil dengan otot pinggang lakukang denga 6 detiksetiap latihan

    [Reply]

  119. ipunk yahya January 10, 2013 at 2:58 pm - Reply

    sy umur 23 th, sy sering kencing 1 hari bs 10x bahkan lbh. tiap kali sy kencing itu terasa masi da air kencing yang tertahan d dlm dok, jd stiap kali hbis kencing itu rsnya mau kencing lg, tp air kencingnya sush keluar. dan tiap kali saya minum psti lgsg pengen kencing, jd sy jarang minum dok…kr2 knp y bhya ato tdk? mohn bantuanya thx

    [Reply]

Leave A Response