Infeksi Toksoplasma Pada Mata

Toksoplasmosis adalah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit Toxoplasma gondii (T. gondii), yang  keberadaannya cukup umum di seluruh dunia. Orang dewasa dengan tingkat kesehatan baik mungkin tidak memerlukan perawatan medis apa pun untuk sembuh dari serangan toksoplasmosis.

Jika parasit tersebut menyerang orang dewasa, maka biasanya sistem kekebalan tubuhnya bisa mengatasi infeksi. Kebanyakan orang yang terjangkit toksoplasmosis tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu, dan penyakit ini umumnya tidak menular dari satu orang ke orang lainnya. Sekali terinfeksi maka penderita akan memiliki kekebalan terhadap toksoplasmosis seumur hidup. baca juga obat glaukoma

Infeksi toksoplasmosis disebabkan oleh parasit bernama Toxoplasma gondii (T. gondii). Parasit ini bisa menginfeksi mayoritas hewan dan burung. T. gondii bisa ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi, serta daging binatang yang terinfeksi.

Karena parasit T.gondii hanya bisa berkembang biak pada kucing liar dan peliharaan, maka hewan tersebut menjadi inang utama darinya. Namun, kucing-kucing yang terinfeksi parasit T. gondii biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu.

Parasit ini mampu bertahan sampai beberapa bulan hidup di tanah atau air. Ada beberapa cara parasit T. gondii masuk ke tubuh manusia, yaitu:

  • Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci atau minum air yang terkontaminasi kotoran kucing.
  • Memasukkan tangan yang terkontaminasi tanah atau kotoran kucing ke mulut.
  • Mengonsumsi daging mentah atau setengah matang.
  • Menggunakan peralatan yang telah terkontaminasi dengan daging yang terinfeksi, seperti pisau, gunting, dan talenan bekas daging mentah terinfeksi.
  • Meminum susu kambing mentah yang terinfeksi atau produk yang terbuat darinya.

 

Infeksi Toksoplasma Pada Mata

Cara Mengobati Toksoplasma Pada Mata. Toksoplasma seringkali tidak menimbulkan gejala akibatnya kehadirannya sulit disadari. Salah satu cara yang efektif untuk mendeteksinya ialah dengan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Immunoglobulin yaitu antibodi terkait dengan infeksi TORCH termasuk toksoplasma.

Salah satu bahaya dari toksoplasma ialah jika telah menyerang mata. Toksoplasma pada mata biasanya menyerang bagian belakang bola mata atau juga retina. Akibatnya sel-sel mata dapat mengalami kerusakan yang berakibat pada menurunnya fungsi penglihatan seperti pandangan mulai kabur, melihat bayangan bergerak serta ada kilatan-kilatan cahaya atau bahkan kebutaan. Penanganan lebih cepat tentunya dapat semakin memperkecil kerusakan pada mata.

Untuk perbaikan gangguan mata karena toksoplasma bisa konsumsi S.LUTENA

Post Update :
Date : Tuesday, November 21, 2017 - Selasa, 21 November 2017