Memakai sepatu yang tidak nyaman tidak hanya menyiksa kaki. Tapi, juga akan mempengaruhi cara berjalan Anda. Sebaliknya, sepatu yang baik dan nyaman dipakai akan membuat postur tubuh kelihatan lebih baik, yang penting untuk memperoleh tampilan fisik yang baik, sehingga membuat lebih percaya diri. Karena itu, pemilihan sepatu harus benar-benar pas, sesuai dengan ukuran kaki. Jika tidak, sepatu itu akan berdampak buruk pada kesehatan kaki. Jadi, tips berikut ini untuk memilih sepatu yang nyaman dipakai:

  • Ketahui Persis Ukuran Kaki

Caranya, ukur masing-masing kaki, karena ukurannya bisa berbeda. Bila ada perbedaan, pilih ukuran yang lebih besar. Dan, sebaiknya cobalah sepatu pada sore atau malam hari, karena kaki mencapai ukuran terbesar pada saat itu.

  • Jangan Percaya Nomor

Selalu coba sepatu secara fisik. Jangan hanya percaya pada nomor ukuran sepatu. Sebab, bisa saja masing-masing produsen sepatu punya standar ukuran yang berbeda. Sepatu juga harus dicoba dan digunakan untuk berjalan. Pastikan ada ruang yang cukup untuk jemari kaki terpanjang pada masing-masing kaki.

  • Perhatikan Bahan

Bahan sepatu dari kulit hewan (leather) dan kulit lunak (suede) sangat baik untuk sepatu. Bahan seperti itu lebih lentur dan lebih memberikan kenyamanan, karena dapat menyesuaikan diri dengan bentuk kaki. Juga memberikan perlindungan lebih baik pada bagian-bagian kaki yang sensitif terhadap benturan dan gesekan.

  • Perhatikan Hak

Sebagian besar perempuan bisa mengalami masalah serius pada kaki karena high heels yang mereka pakai. Sudah terbukti pula bahwa high heels tidak boleh dipakai dalam waktu lama secara terus-menerus. Sebab, memakai high heels terus-menerus bisa menyebabkan problem kaki, seperti pergelangan kaki terkilir, tendonitis dan bahkan patah tulang kecil kaki. Jika memang harus memakai sepatu tumit tinggi, pilih saja sepatu dengan hak model wedges atau sepatu hak platform. Bukan yang bertipe stiletto.

  • Hindari Sepatu Terlalu Trendi

Sebaiknya anda tidak membeli sepatu yang terlalu trendi. Sebab, sepatu seperti ini akan cepat usang. Perlu juga diingat biasanya pasti lebih mahal dan jika anda tergolong budget conscious person (orang yang sangat peduli pada anggaran), tentu bukan keputusan yang baik untuk membeli sepatu trendy. (Sumber:Cantiq)

Post Update :
Date : Thursday, August 24, 2017 - Kamis, 24 Agustus 2017