Menjaga kecantikan bisa juga dilakukan dengan aneka dedaunan yang bisa ditemui di kebun, yaitu di antaranya:

SELEDRI
Tumbuhan yang punya nama ilmiah Celery Apium Grafeolens ini berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Kandungan minyak atsiri, butilftalida dan butilidftalida membuat seledri wangi. Selain itu seledri juga mnegandung vitamin A, B1 dan aneka mineral lainnya yang penting bagi kesehatan kulit dan keindahan rambut.
Manfaat seledri :
Menghitamkan dan mengkilatkan rambut : Ambil 10 batang seledri, cuci dan potong ukuran dua sentimeter. Masukkan ke dalam panci yang berisi dua gelas air, rebus hingga mendidih. Dinginkan dan saring. Masukkan satu sendok makan cuka aduk hingga tercampur rata.
Keramas seperti biasa dan keringkan rambut secara alami. Setelah setengah kering basuhkan air seledri ke seluruh bagian rambut. Biarkan 15-20 menit. Bilas dengan air bersih.

Menangkal keriput dan kencangkan kulit : Ambil sekitar 10 batang seledri, siram dengan air panas hingga layu. Diamkan hingga dingin, lantas masukkan ke lemari pendingin atau embunkan semalaman. Esok paginya, sebelum mencuci muka basuhkan air seledri ke wajah sambil sedikit ditepuk-tepuk. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap pagi.

SELADA
Selada bisa menghaluskan kulit wajah karena mengandung mineral, Vitamin A dan B serta asam oleat. Dipadu dengan kelopak bunga mawar dan pearsaan jeruk nipis yang mengandung limonene, linanin asetat, fellandren, asa sitrat, vitamin A, C, B1, B2 dan B3 semakin menguatkan manfaat selada.
Caranya : ambil segenggam selada hijau dan campur dengan kelopak bunga mawar berukuran sedang yang sudah dihancurkan. Lumat hingga keduanya bercampur. Teteskan perasan jeruk nipis. Buatlah menjadi pasta dan oleskan di wajah, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih.

DAUN PANDAN
Daun pandan wangi bermanfaat untuk menghitamkan dan menghilangkan ketombe, yaitu dengan cara:
a. Menghitamkan Rambut, Ambil pandan tujuh lembar, cuci bersih, lantas potong-potong. Rebus dengan satu liter air sampai mendidih, dan airnya berwarna kehijauan. Embunkan semalam. Pagi harinya, tambahkan dengan perasan tiga mengkudu masak. Gunakan campuran pandan dan mengkudu untuk keramas. Lakukan tiga kali seminggu sampai terlihat hasilnya.
b. Mengurangi Ketombe, Cuci tujuh lembar pandan, giling halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas-remas. Peras dan oleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat. Biarkan mongering, bilas rambut dengan air bersih.

DAUN JAMBU KLUTUK
Pujuk daun jambu klutuk tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan diare, tapi juga menyembuhkan jerawat dan menghilangkan flek hitam di kulit. Daun jambu klutuk ini mengandung antiseptic yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.
Caranya : Ambil beberapa helai pujuk jambu klutuk dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian yang berjerawat dan sudah dibersihkan dari kotoran atau make up. Lakukan setiap hari sampai jerawat sembuh.
Untuk menghilangkan flek hitam, oleskan pucuk jambu klutuk yang sudah dilumatkan itu ke bagian yang bernoda. Lakukan seminggu dua kali sampai vlek hilang.

DAUN WARU
Daun waru memang ajaib. Selain diabadikan sebagai lambing cinta, daun ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan keindahan rambut. Salah satunya mengobati dan mencegah rambut rontok.
Caranya : Ambil 10 lembar daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, lima lembar daun mangkokan dan selembar daun pandan. Cuci bersih dan potong sepanjang satu sentimeter. Masukkan ke panic, tambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing ½ cangkir. Panaskan hingga mendidih, angkat dan dinginkan. Saring dan siap digunakan. Oleskan ramuan itu ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Tutup dengan shower cap, biarkan semalam.
Esok paginya cuci hingga bersih. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu, sampai rambut kembali sehat.

KANGKUNG
Kandungan vitamin E dalam kangkung membuat rambut tetap sehat, mengkilat dan awet muda. Untuk itu bagi yang menginginkan rambut tetap hitam, anda bisa menggunakan kangkung.
Caranya : Ambil 10 batang kangkung, potong menjadi beberapa bagian. Remas-remas dengan sedikit air bersih hingga hancur dan berlendir. Kemudian oleskan pada rambut dan bungkus dengan shower cap, biarkan selama satu jam. Bilas bersih-bersih, lakukan dua kali dalam seminggu.

DAUN SIRIH
Kandungan antiseptik sirih, sudah dibuktikan bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat atau bau badan tidak sedap. Dicampur dengan lidah buaya, daun sirih juga bermanfaat untuk mendinginkan kulit, mengatasi jerawat, mencegah flek dan menghaluskan kulit.
Caranya : Cuci bersih lima lembar daun sirih, campur dengan satu batang lidah buaya ukuran sedang yang sudah dijus. Masukan ke dalam panci yang berisi dua gelas air, rebus hingga mendidih. Saring dan diinginkan. Setelah dingin campur dengan bedak beras dingin, buatlah pasta dan oleskan ke kulit wajah sebagai masker selama 30 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali secara rutin.
Untuk membuat bedak beras ini sendiri adalah ambil dua genggan beras, rendam semalaman. Esoknya tiriskan, lantas tumbuk hingga halus. Ayak dan ambl bagian yang halus untuk campuran sirih dan lidah buaya.
Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih dan lidah buaya ini sebagai pembersih wajah. Caranya, tanpa dicampur bedak beras, basuhkan ke wajah sambil ditepuk-tepuk. Kulit terasa lebih segar dan kenyal.

Post Update :
Date : Wednesday, October 22, 2014 - Rabu, 22 Oktober 2014