PROBLEM-PROBLEM UMUM PADA KULIT

mata PROBLEM PROBLEM UMUM PADA KULIT

PROBLEM-PROBLEM UMUM PADA KULIT

PROBLEM-PROBLEM UMUM PADA KULIT. Sangat banyak factor internal dan eksternal yang bisa menyebabkan problem-problem yang umum terjadi pada kulit. Berikut ini di antara problem umum kulit dan cara merawatnya :

FRECKLES

Freckles adalah bintik-bintik hitam kecil yang menyebar di seluruh wajah. Bintik-bintik kecil ini tampak lebih mencolok di area seperti hidung, tulang pipi dan kening.

Seperti diketahui, kulit cenderung berubah jadi kecoklatan ketika terpapar sinar matahari terus-menerus. Pada kulit warna terang, ada akumulasi pigmen di lapisan-lapisan kulit yang lebih bawah yang secara berangsur-angsur menjadi rusak dan musnah selagi ditransfer ke lapisan-lapisan yang lebih atas sehingga warna kulit pun jadi terang.

Akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus, kulit yang terang itu mengalami bintik-bintik yang merupakan akumulasi pigmen di area-area yang hanya sedikit atau berpigmen sama sekali.

Bintik-bintik itu secara berangsur semang akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Tapi, karena problem itu membuat tampilan wajah jadi kurang menarik, sebagai wanita memilih menyamarkannya dengan bleaching (treatment untuk mencerahkanwarna kulit). Atau menghilangkannya dengan terapi pembekuan (cryotherapy) atau terapi laser (treatment menggunakan sinar cahaya energy tinggi). Dalam kasus-kasus langkah, munculnya bintik-bintik itu bisa juga merupakan perubahan dini yang bisa menyebabkan melanoma, sesuatu bentuk kanker kulit yang sangat membahayakan dan menular.

Perawatan :

  • Hindari paparan sinar matahari secara berlebihan.
  • Gunakan tabir surya ber-SPF 15 atau lebih tinggi.
  • Konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

PORI-PORI BESAR

Aktivitas berlebihan kelenjar-kelenjar sebaceous (kelenjar minyak kulit) bisa menyebabkan pori-pori kulit membesar. Sekresi minyak yang berlebihan oleh kelenjar-kelenjar itu menyebabkan pori-pori tersumbat. Akibatnya, pori-pori terentang untuk mengakomodasikan sebum yang mengeras dan kehilangan ketahanan alaminya sehingga ukurannya pun melebar. Sekresi minyak yang berlebihan bisa menebalkan pori-pori dan merusak kualitas kulit yang aslinya menjadi lebih kasar.

Perawatan :

  • Gunakan medicated cleanser (pembersih yang mengandung obat) yang mengurangi minyak yang ada di permukaan kulit. Memberihkan pori-pori secara tuntas dengan cleanser special juga membantu.
  • Kulit harus diperkuat setiap hari dengan skin tonic. Produk ini mengangkat minyak yang menempel di kulit, merapatkan pori-pori, menghaluskan kulit dan memberikan tekstur yang lembut dan bersih. Skin tonic biasanya dibuat dari ramuan berbagai macam tanaman herbal, bunga, cuka, air mawar dan witch-hazel. Yang terbaik adalah skin tonic berbahan baku mawar. Simpan skin tonic ini dalam sebuah wadah dan dimasukkan kulkas. Basahi kapas kecantikan dengan skin tonic dan tepuk-tepuk lembut kulit dengan cepat setiap usai dibersihkan.

LINGKARAN GELAP DI BAWAH MATA

Munculnya lingkaran gelap atau hitam di bawah atau di sekitar mata bisa disebabkan kurang tidur, kecapekan, stress, kurang gizi atau penyakit. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk memperoleh mata yang terang dan bercahaya.

Hindari mata capek karena membaca di tempat yang kurang penerangan. Pastikan mengerjakan pekerjaan, seperti menjahit atau membaca di ruangan yang terang. Kulit di seputar mata sangat lembut. Jadi, lakukan perawatan harian dengan krim mata pada kulit di area tersebut. Sebelum melakukannya, bersihkan kulit di seputar mata dengan kapas kecantikan basah. Produk krim manapun yang anda gunakan harus punya tekstur yang sangat ringan.

Almond bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran-lingakaran gelap ini dan merupakan “makanan” yang sempurna untuk kulit. Sepuluh menit setelah dioleskan di area seputar mata, krim ini harus dihapus. Tak ada satupun krim yang boleh dibiarkan melekat di kulit seputar mata dalam kurun waktu yang lama. Hindari area seputar mata ketika mengaplikasikan masker wajah.

Perawatan :

  • Parut setengah batang mentimun, saring dan simpan di dalam kulkas. Campur jus mentimun tersebut dengan jus lemon dank rim lanolin hingga menyantu. Ambil sedikit dan oleskan ke area seputar mata, diamkan 10 menit lalu hapus hingga bersih. Simpan sisa campuran ini dalam kulkas dan gunakan setiap hari.
  • Olesi area seputar mata dengan daun mint yang ditumbuk hancur. Ini akan menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata.

SELULIT

Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak yang berlebihan pada jaringan kkonektif di bawah kulit, menyebabkan permukaan kulit melesak ke dalam dan berkerut sehingga tampak seperti kulit jeruk. Selulit biasanya terjadi di bagian tubuh seperti pantat, pinggul dan paha. Celakanya, area kulit yang mengalami selulit adalah area yang paling cepat menarik lemak dan paling belakangan membuangnya.

Beruntung, masih ada cara untuk meredakan atau mengatasi problem selulit ini. Untuk meredakan selulit yang harus dilakukan adalah:

  • Mengurangi jumlah lemak
  • Menguatkan otot-otot penompang kulit
  • Jalinan protein dan lemak di jaringan konektif kulit yang kacau perlu diurai dan dinormalkan kembali.

Kendati selulit sulit dihilangkan secara tuntas, diet yang tepat akan mengurangi jumlah lemak tubuh. Latihan fisik teratur juga akan menguatkan otot-otot penompang kulit dan terapi pijat yang tepat akan menormalkan kembali jalinan protein dan lemak di jaringan konektif kulit, sehingga membantu memperbaiki tampilan kulit yang terkena selulit.

Sayangnya, masih belum ada solusi jangka panjang untuk selulit. Dari sudut pandang medis, krim oles Aminophyline telah terbukti membantu sebagian penderita selulit. Krim ini hanya bisa ditebus dengan resep dokter. Penggunaan krim ini secara teratur plus mengikuti saran-saran berikut akan membantu memperbaiki tampilan paha dan pantat wanita yang menderita selulit :

  • Meminimalkan penumpukan lemak dengan diet rendah lemak yang sangat berimbang.
  • Hindari makanan yang mengakibatkan penahan cairan seperti makanan yan terlalu asin atau gurih dan terlalu banyak minuman diet.
  • Lakukan check up keseimbangan hormonal dengan teratur.
  • Perkuat otot-otot dengan latihan pantat, paha dan pinggul setiap hari sehingga bantalan lemak punya penompang yang kokoh. Latihan seperti jalan kaki, renang dan bersepeda secara giat dan teratur akan sangat membantu.
  • Lakukan peminjatan area yang mengalami selulit dengan teknik yang tepat dan mantap selama 10 menit setiap hari untuk menghancurkan timbunan lemak di bawah kulit. Pengompresan botol air panas atau heating pads (bantalan pemanas) ke area selulit sebelum pemijatan dengan fudo akan membantu tapi jaga jangan sampai terlalu panas dan membakar kulit. Pijat panas ini harus dilakukan dengan sebuah icepack (alat kompres yang berisi es batu). Jika ini semua masih juga belum memberikan hasil yang memuaskan, tindakan yang bisa diambil adalah kombinasi bedah liposuction. Tindakan untuk menyingkirkan lemak di area selulit dan fat transfer ke cekungan di area selulit sehingga bisa meratakan posisi lemak di bawah kulit dan secara permanen menghilangkan bagian dari timbunan lemak di area-area itu.

STRETCH MARKS

Secara medis dikenal sebagai striae. Problem ini adalah bukti kasat mata bahwa blok-blok yang membangun kulit (kolagen dan elastin) tidak bisa memenuhi kebutuhannya untuk pertumbuhan.

Stretch marks terbentuk ketika kulit terentang pada tingkatan yang tidak bisa ditoleransi lagi oleh daya elastisitasnya. Striae bisa muncul setelah berat badan meningkat dengan cepat, ketika tubuh mengalami lonjakan pertumbuhan dan ketika tubuh melar karena kehamilan.

Tumbuh kembang payudara pada gadis remaja dan pembesaran otot-otot pada atlet angkat besi juga bisa menyebabkan striae. Dalam kenyataan, apapun yang meningkatkan kadar kortison tubuh seperti hal pubertas, obeisitas atau kenaikan berat badan, infeksi yang disebabkan otot-otot kortison atau bahkan penggunaan krim-krim kortison akan meningkatkan peluang mengembangkan stretch marks.

Strie pada mulanya tampak sebagai garis-garis merah atau ungu dengan ukuran panjang dan lebar yang bervariasi. Terkadang garis-garis ini berkerut dan berkilat. Secara berangsur, warna garis-garis itu memudar menjadi lebih muda ketimbang warna kulit di sekitarnya. Wanita lebih rentan terhadap stretch marks yang muncul di payudara, perut bawah, pantan dan paha. Berbagai teknik yang saat ini digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan stretch marks, masih belum memperoleh sukses yang diharapkan dan memerlukan riset dan eksplorasi lebih jauh.

Perawatan :

  • Penggunaan tretinoin, sejauh ini terbukti merupakan treatment paling efektif. Tretinoin dalam bentuk Resinol-A, retin-A, Stieva-A, Rejuva-A, Renova atau vitamin A Acid yang dioleskan ke stretch mark dalam dosis tinggi bisa menyebabkan pelurusan kembali kolagen dalam kulit. Agar efektif, tretinoin harus diolekan dalam dosis tinggi, tak kurang dari 0,1 persen perhari selama 12 minggu. Yang perlu diketahui, area kulit yang mendapat olesan akan menjadi sangat kering dan gatal dan ini bisa menganggu. Reaksi ini penting demi suksesnya treatment dan tidak boleh diredahan dengan krim-krim pelembub ataupun krim kortison. Stretch marks yang baru muncul lebih bisa menerima treatment dengan tretinoin ketimbang stretch marks yang sudah lama diderita.
  • Treatment terbaik berikutnya adalah resurface atau membentuk kembali permukaan kulit yang mengalami stretch marks dengan carbon dioxide laser. Treatment ini menyebabkan reorganisasi arsetektur kolagen dalam kulit. Treatment yang terlalu agresif juga bisa menimbulkan parut bekas luka dan pigmentasi yang tidak beraturan.
  • Pada bagian kasus, terapi dengan vascular removal laser bisa membantu memperbaiki tampilan kulit yang mengalami stretch marks.
  • Pilihan yang lain adalah dengan injeksi kolagen. Zyplast collagen bisa diijeksikan dibentuk ke dalam area stretch marks yang tertekan dan tertipiskan. Hasilnya bervariasi dan tidak permanen dan jumlah kolagen yang dibutuhkan untuk mengisi area stretch marks yang luas akan sangat mahal.
  • Terapi linear surgical excision bisa membantu menyeleksi contoh-contoh dimana suatu scar (parut bekas luka) putih akan lebih disukai ketimbang stretch marks yang tidak kentara.
  • Opaque cosmetics, seperti cover mark dan derma blend bisa digunakan untuk menyamarkan stretch marks yang mencolok jika sudah dianggap sangat mengganngu.

Semua pilihan treatment ini perlu didiskusikan dengan doketer ahli kulit sebelum anda memilih opsi treatment yang manapun. PROBLEM-PROBLEM UMUM PADA KULIT

 

Post Update :
Date : Thursday, July 31, 2014 - Kamis, 31 Juli 2014