PERUT KEMPIS TANPA SIT-UP

 PERUT KEMPIS TANPA SIT UP

PERUT KEMPIS TANPA SIT-UP

PERUT KEMPIS TANPA SIT-UP. Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga merupakan syarat mutlak untuk mengempiskan perut, karena olahraga akan membantu mengerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar, dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk ke aliran darah. Kemudian akan dikeluarkan menjadi keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan biasanya yang bersifat aerobic, seperti lari, jalan cepat, berenang atau bersepeda.

Namun di antara kita masih banyak yang belum ngerti bahwa postur yang kurang baik akan menyebabkan perut buncit. Otot yang berada di sepanjang tulang belakang membantu menyangga tubuh bagian atas. Jika salah satunya melemah, postur anda mulai berubah dan setelah itu akan berpotensi menjadi buncit, itulah sebabnya latihan otot punggung menjadi salah satu cara terbaik untuk mengencilkan perut. Lakukan olahraga yang melatih punggung terutama punggung bagian bawah.

Dalam keseharian, perhatikan cara anda berjalan, berdiri, duduk. Lakukan semuanya itu dengan posisi tegak, posisi ini akan membantu anda memperoleh perut yang datar. Untuk memiliki postur yang tegak dan kuat, lakukan latihan 1.

Melatih Otot di Paha Belakang.

Bagaimana mungkin otot paha belakang (hamstring) bisa membuat perut buncit? Konstribusinya mungkin tidak secara langsung. Ketika hamstring tegang, tubuh menjadi lebih sulit disangga dan sulit tegak. Punggung bagian bawah harus bekerja lebih keras agar anda tetap berdiri tegap. Jika punggung bagian bawah bekerja lebih berat, berarti tekanan yang diterimanya pun lebih berat sehingga otot pungggung bagian bawah lebih cepat lelah ketimbang seharusnya. Keadaan itu akan membuat otot anda melemah, tubuh mulai gampang limbung dan perut mulai membuncit.

Seperti makan buah simalakama, ada dua hal yang berlawanan yang menyebabkan hamstring tegang, yaitu olahraga dan tidak olahraga. Jika anda banyak melakukan pekerjaan di tempat duduk, hamstring anda akan tegang. Posisi duduk dengan kaki ditekuk membuat hamstring selalu berada dalam posisi memendek. Hal inilah yang membuat hamstring menjadi tegang atau kaku. Itulah alasan mengapa terlalu banyak duduk juga membuat perut menjadi gendut.

Ironisnya, ketika anda mencoba menebus waktu duduk dengan cara berlari atau berjalan, ternyata itu pun tidak menyelesaikan masalah, karena kedua aktivitas itu lebih banyak menggunakan otot tubuh bagian belakang, termasuk hamstring yang membuatnya semakin tegang.

Tapi tentunya hal itu bukan alasan berhenti bekerja atau berhenti berolahraga. Untuk menyiasatinya, lakukan hamstring exercise.

Latihan 1 (Cobra Position)

Berbaring telungkup di atas matras. Letakkan kedua lengan anda di sisi tubuh. Perlahan angkat kepala dan tubuh bagian atas semampu anda. Tahan selama 4 detik, istirahat dan ulangi gerakan itu 4 kali. Secara bertahap, tambah repetisinya sampai 40 kali.ke depan sampai menyentuh jari kaki. Tahan sampai 10 hitungan, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi 3 kali.

Latihan 2 ( hamstring Exercise)

Duduk di lantai atau matras dengan kaki lurus di depan. Punggung tegak lalu secara berlahan tekuk bagian pinggul dan condongkan tubuh anda

Melatih Otot-Otot Perut

Kurt Brungardt, seorang personal trainer di New York City, mengatakan, tidak benar perut ramping dan indah bisa diperoleh dalam waktu sekejap, meski pengulangan latihan ditambah. Demikian juga melatih otot perut secara rutin setiap hari tidak akan membaut perut rata secara “instan”

Seperti otot lainnya, otot perut juga butuh istirahat untuk regenerasi. Lantas bagaimana yang benar? Harus kita ingat, otot perut termasuk bagian tersulit untuk dilatih karena itu butuh kesabaran ekstra. Latihan di bagian perut bertujuan untuk menguatkan dan membentuk otot. Untuk hasil maksimal, tambahkan latihan dengan dumbl. Agar lebih nyata hasilnya, jaga pola makan, hindari makanan bertepung. Berikut ini latihan-latihan melatih otot-otot perut (latihan 3,4,dan 5):

Latihan 3 (One legged alternating scoop)

Berbaring dengan lengan di kedua sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke bawah. Luruskan kedua kaki ke atas, kira-kira segaris dengan pinggul. Tarik perut dan perlahan turunkan kaki kanan hingga kira-kira 15 sm dari lantai. Tekuk kaki kanan seperti mengayuh sepeda, lalu luruskan lagi ke posisi awal. Ulangi dengan kaki kiri. Lakukan masing-masing 6-8 kali.

Latihan 4 (Bar Belly Extension)

Berbaring di matras. Kedua tangan memegang dumbel seberat 2 kg di atas dada, kaki tegak lurus dari lantai ke atas. Turunkan sedikit dumbel ke belakang mengarah ke kepala sambil menurunkan kaki mendekati lantai. Tahan posisi tersebut selama 2 hitungan. Lalu kembali ke posisi awal. Lakukan 6-8 kali.

Latihan 5 (Leg-kick crunch)

Berbaring dan tekuk lutut kiri ke atas dada. Luruskan kaki kanan dan regangkan kedua tangan ke atas kepala. Angkat kaki kanan dan kedua tangan beberapa cm dari lantai. Tarik otot perut. Tahan 2 hitungan. Luruskan kaki kiri (tetap pada posisi beberapa cm dari lantai) dan tekuk kaki kanan kea rah dada. Turunkan kaki dan tangan. Ulangi 6-8 kali.

Selain latihan-latihan tersebut, ada alternative lain untuk mengecilkan perut, yaitu:

1. Hullahoop, perut kempis dan fun

Untuk meratakan perut, gerakan panggul yang ringan tapi lama akan lebih efektif. Latihan ini dapat dilakukan dengan alat seperti hullahoop. Alat tersebut melatih gerak panggul. Gerakan ini mungkin bisa disamakan dengan gerakan penari perut atau hula-hula yang memiliki perut relative rata.

2. Berenang gaya katak

anda mempunyai hobi berenang? Berenang gaya katak sudah menjadi hal yang umum. Tahukan anda bahwa berenang dengan gaya katak ini juga bisa membuat perut anda lebih kempis? Lakukan latihan ini 3 kali seminggu, masing-masing 1 jam. Jika anda rutin melakukannya dijamin perut anda akan kempis. (Sumber: Nirmala). PERUT KEMPIS TANPA SIT-UP

 

Post Update :
Date : Friday, August 22, 2014 - Jumat, 22 Agustus 2014