Kebanyakan orang yang suka dipijat akan merasakan tubuh yang kembali bugar dan sehat dan bagi yang menjalankan terapi pijat secara teratur akan merasa tidak nyaman seandainya dia absen melakukan terapi pijat. Tubuh akan merasa pegal-pegal dan capek. Bagi yang suka, dipijat setiap minggu di tempat yang bersih dan nyaman benar-benar membuat rileks. Ada yang suka dengan teknik urut menggunakan massage oil, ada pula yang suka pijat “enak” alias tidak terlalu sakit. Di lain pihak, banyak pula yang tidak suka dipijat karena geli atau tidak tahan sakit.

Orang yang rutin melakukan pijatan biasanya menginginkan teknik pijatan harus benar-benar menyentuh otot yang meregang akibat terlalu letih bekerja. Misalnya, berkonsentrasi pada pundak, leher, atau kaki. Rasa sakit yang ditimbulkan rasanya menjadi pertanda bahwa otot-otot yang semula tumpang-tindih menjadi teratur sesuai jalurnya kembali. Ketika keluar dari tempat pijat, tubuh terasa ringan dan rileks.

Pada sebagian orang yang yang melakukan terapi pijat pertama kali akan merasakan efek dari pijatan ekstra keras sehari sebelumnya. Bagian tubuh yang dipijat terasa babak-belur. Batang kayu yang semula seperti dipasang di pundak memang telah hilang, sebagai gantinya Anda merasa seperti baru dipukuli preman.

Mengapa sehabis dipijat tubuh malah terasa sakit?
Ada beberapa alasan mengapa sehabis dipijat tubuh malah merasakan sakit yaitu:

  1. Intensitas. Beberapa jenis pemijatan dapat disamakan dengan berolahraga. Misalnya pemijatan otot dan shiatsu. Pijatan sering melibatkan manipulasi otot secara ekstensif yang lalu diterjemahkan sebagai rasa sakit, karena tubuh tidak terbiasa terhadap manipulasi ini. Thai Massage adalah contoh lain pemijatan yang melibatkan pelenturan dan peregangan otot. Jika Anda mengalami ketegangan otot, maka Anda juga akan merasa sakit usai dipijat.
  2. Detox. Sebagian teknik pijat yang lain bersifat melepaskan racun dari otot. Hal ini pun akan mengakibatkan kesakitan karena tubuh sedang berusaha untuk melepaskan racun ini. Sebaiknya Anda minum banyak air putih sebelum dan sesudah dipijat untuk membersihkan tubuh dari racun dengan lebih cepat.
    Ada beberapa jenis pemijatan jika Anda menginginkan teknik pemijatan yang tidak terlalu intens, yaitu dengan mencoba pijatan ala Swedish Massage atau Lomi Lomi. Lomi Lomi adalah teknik pijat dari Hawaii di mana terapis akan meminta Anda untuk berdoa sebelum dipijat untuk memperoleh keseimbangan. Sedangkan pada Swedish Massage, terapi menggunakan sejumlah tekanan (secara superfisial) untuk mencapai otot seperti getaran, tepukan, remasan, usapan, dan gesekan, untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah.
    Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit seusai pemijatan, Anda bisa mandi dengan air panas atau melakukan sauna. Hal ini akan menjaga agar otot tetap rileks, dan mengeluarkan racun melalui keringat yang dihasilkan saat sauna.

Pijat Sesuai Kebutuhan Anda!

Salah satu cara mudah merelaksasi tubuh dan emosi adalah melalui pijatan. Tetapi ternyata setiap teknik pijatan dibuat untuk tujuan tertentu karena fokus relaksasinya berbeda-beda.

Untuk itu penting mengetahui teknik pijatan apa yang sesuai dari agenda relaksasi kita. Sehingga nikmatnya relaksasi dari kepala sampai ujung kaki tidak hanya menjadi slogan. Berikut perkenalan kita dengan teknik-teknik pijatan yang meringankan tubuh secara fisik dan psikis.

  1. Pijatan ala Swedia adalah pijatan yang paling mudah untuk dinikmati, karena hampir seluruh tempat perawatan spa menggunakan metode ini. Terapis akan menggunakan minyak atau losion ke seluruh tubuh untuk memudahkan pijatan yang titik perhatiannya adalah permukaan otot-otot. Dengan tekanan yang halus dan memutar, pijatan ini dapat meregangkan otot-otot. Itu mengapa, pijatan spa sangat cocok untuk kita yang merasa tubuh mulai kaku. Terlebih bagi kita yang belum pernah dipijat, metode ini adalah pintu untuk “jatuh cinta” pada kekuatan tekanan tangan.
  2. Deep tissue adalah pijatan yang tekanannya lebih keras dibanding pijatan spa, karena tujuannya adalah jaringan otot yang lebih dalam. Kekuatan tekanan tangan yang mengenai setiap inci otot masih akan terasa 1 sampai 2 hari setelah kita dipijat. Pijatan ini cocok untuk para atlet yang mengalami ketegangan otot pada areal tubuh yang sama.
  3. Hot stone adalah pijatan yang menggunakan batu panas atau batu vulkanik untuk kemudian diletakkan pada titik-titik meridian tubuh. Batu panas inilah yang meregangkan ototnya yang kemudian disempurnakan dengan pijatan dari terapis. Uniknya terapis menggunakan telapak tangan untuk memijat tubuh kita mulai dari pundak, punggung, tangan, hingga kaki. Metode pijatan ini sangat cocok untuk kita yang tidak hanya ingin meregangkan otot tapi juga merangsang titik-titik reflek kita.
  4. Aromaterapi adalah cara relaksasi tubuh melalui pijatan yang juga dilengkapi dengan aroma esensial yang dapat membantu kita keluar dari keluhan-keluhan seperti pusing, sulit tidur, atau stres. Penggunaan aroma esensial ini sebenarnya adalah berdasarkan ilmu terapi penciuman. Itu mengapa bagi kita yang mengalami kelelahan fisik dan emosi, aroma terapi adalah jalan keluar yang patut dipilih.

Pemijatan Yang Baik Untuk Suami
Dengan memberikan kejutan kepada suami dengan memberikan pijatan untuk melepas lelah sehabis seharian bekerja di luar rumah ada teknik-teknit tertentu yang bisa membangkitkan gairah suami. Karena selain bisa membuat suami lebih ‘hot’ di ranjang lewat rangsangan visual (Anda terlihat seksi) atau bisikan kata-kata seksi, Anda juga bisa merangsangnya dengan sentuhan. Bukan hanya sentuhan menggelitik yang bisa membuatnya terangsang. Sentuhan pijatan di titik-titik tertentu, dengan kekuatan tekanan yang tepat pun bisa mengantarnya ke langit ketujuh.
Berikut 7 langkah pijatan sensual untuk si dia yang dibagi dari The Nest dan Jane Buckingham, pengarang Modern Girls’ Guide to Life. Sebelum mulai, siapkan peralatan di dekat tempat tidur, seperti minyak pijat dan handuk jika Anda tak ingin tempat tidur terkena tetesan minyak. Atau, untuk suasana lebih intim, matikan lampu dan nyalakan lilin aromaterapi.

  • Langkah 1: Minta suami berbaring telungkup tanpa kaus, duduklah di bagian bokongnya seperti menunggangi kuda. Gosokkan kedua kedua telapak tangan Anda hingga cukup panas, lalu letakkan salah satu telapak tangan di bagian atas punggungnya, dan lainnya di bagian bawah punggung. Ini dilakukan sebagai ‘ijin’ untuk mulai memijatnya. Tindakan ini akan mengantar suami lebih rileks dan mengenal sentuhan Anda.
  • Langkah 2: Gosokkan sedikit minyak pijat di antar telapak tangan untuk membuatnya hangat. Perlahan-lahan dorong telapak tangan ke arah atas punggung suami dan turun beberapa kali. Pastikan tangan Anda bisa meluncur dengan leluasa di punggungnya. Di tekanan pertama ini, pastikan Anda tak menekan punggung terlalu kuat. Karena otot-otot masih kaku. Apapun yang Anda lakukan, baik itu mengambil minyak atau menggaruk hidung Anda, jangan biarkan punggung kosong, biarkan satu tangan Anda masih menyentuh punggungnya. Lalu mulailah dengan meremas otot punggungnya secara perlahan. Pastikan saat Anda meremas otot atau daging tidak membuatnya kesakitan, tanyakan padanya apakah kekuatan Anda sudah cukup atau berlebih. Remasan yang Anda buat jangan sampai membuat suami kesakitan, pijatan harusnya membuat rileks, bukan untuk mencubit kulit. Mulailah meremas/memijat ototnya di bagian pundak. Di saat ini, karena Anda duduk di bagian belakang, Anda bisa meletakkan 4 jari di pundak, dan jari jempol di bagian belakang. Makin banyak daging yang Anda bisa cengkeram perlahan, makin tak terlalu sakit pijatannya. Jika Anda merasakan ada semacam benjolan yang berarti adalah bagian ototnya yang kaku, jangan langsung menekan di pusatnya. Menekan langsung ke pusatnya adalah hal yang menyakitkan. Akan lebih baik jika Anda mencoba melancarkan aliran darahnya dengan mendorong bagian otot tersebut ke arah luar perlahan tapi berulang-ulang. Rasakan otot yang kaku tersebut mulai berkurang.
  • Langkah 3: Selesai dengan bagian punggung, putar badan Anda. Mulai memijat bagian punggung bawah dan bokongnya. Ambil lagi minyak pijatan, kali ini fokuskan minyak pada bagian bawah telapak tangan. Dengan jari-jari Anda mengarah ke atas, gunakan bagian tumit atau bola telapak tangan untuk menekan bagian bawah punggungnya. Lakukan beberapa kali, lalu mulailah memijat bagian bokongnya. Masih menggunakan bagian bola telapak tangan, lakukan pijatan dengan gerakan memutar di masing-masing pipi bokong.
    Lanjut ke arah kakinya. Putar tubuh Anda, kembali duduk menghadap ke arah kepalanya. Mundurkan badan Anda hingga tangan Anda bisa dengan leluasa memijat paha belakangnya. Oleskan minyak pijat di paha bagian belakangnya. Lalu, buat kepalan tak terlalu kuat, tekan-tekan paha bagian belakangnya beberapa kali di sepanjang paha belakang tersebut. Jangan tekan bagian belakang tumitnya. Di sana banyak saraf yang menyakitkan jika kena tekanan.
    Mundur ke arah betisnya, remas-remas bagian ototnya dengan kekuatan sedang sambil menarik ke arah telapak kakinya. Ulangi beberapa kali. Untuk memijat telapak kakinya, minta suami untuk membalikan badannya. Lebih mudah untuk memijatnya dengan posisi telentang. Anda bisa memukul pelan bagian tumitnya, lalu tekan-tekan bagian telapak kakinya dengan ibu jari Anda.
  • Langkah 4: Beranjak ke arah lengannya. Kembali gunakan cengkeraman antara bola telapak tangan dan ujung jari pada bagian lengan atasnya hingga ke arah telapak tangan dia. Lalu di bagian telapak tangannya, gunakan ibu jari Anda untuk memijat ala refleksi untuk meredakan ketegangan ototnya. Lakukan pada kedua lengannya.
  • Langkah 5: Setelah pijatan tangan, Anda bisa mulai memijat tubuh bagian depannya, dari dada, hingga ujung kakinya. Di tahap ini, Anda bisa melanjutkan atau melakukan kegiatan sesuka Anda. Jika Anda mau memberikan kejutan padanya, coba pusatkan pijatan di daerah paha bagian dalam atau di bagian bawah perutnya, tempat tubuhnya rambut pubis. Tekanan ringan di sana bisa membuat suami terangsang.
  • Langkah 6: Setelah pijatan bagian depan tubuhnya, jangan lupa untuk memijat kepalanya. Duduklah bersila, lalu tempatkan bagian belakang lehernya di betis Anda. Minta ia memalingkan kepalanya menghadap ke kiri, gunakan jemari Anda untuk memijat dari arah belakang kepalanya ke arah wajahnya dengan gerakan memutar beberapa kali. Jangan menekan terlalu kencang, karena bagian ini cukup sensitif. Lakukan di bagian kanan kepalanya. Sebagai akhiran, tekan-tekan perlahan di bagian atas kepala dari arah dahi ke bagian belakang kepalanya.

Langkah 7: Berikan segelas air minum untuk pasangan Anda untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Jangan biarkan dia tertidur, sekarang giliran Anda untuk dipijat, kan?

Pemijatan Bisa Meningkatkan Libido
Gairah seks, disadari atau tidak, bisa berkurang atau bahkan melemah. Penyebabnya bisa karena kurang istirahat, perasaan positif atas tubuh dan diri sendiri, atau fluktuasi hormon. Jangan khawatir, karena ini gejala normal dan bisa diatasi dengan lima langkah. Ada beberapa cara untuk meningkatkan libido, yaitu:

  • Konsumsi tiram
    Banyak penelitian menyebutkan tiram mengandung seng yang bisa merangsang libido. Biologist asal Australia George Fisher, mengungkapkan bahwa tiram mengandung asam amino yang langka (D-aspartic acid dan N-methyl-D-aspartate), yang merangsang hormon seks dan meningkatkan libido.
  • Konsumsi makanan pedas
    Molekul pada cabai yang membuatnya pedas meningkatkan kerja jantung dan membantu tubuh melepas endorphin (hormon yang dilepaskan usai olahraga). Secara alamiah, zat ini membuat tubuh siap untuk bercinta.
  • Olahraga
    Kata kunci yang satu ini memang positif untuk banyak hal, termasuk seks. Olahraga bisa menaikkan produksi libido dan menambah endorphin. Olahraga juga mengurangi stres sehingga membuat tubuh dan pikiran lebih santai dan lebih berhasrat.
  • Suplemen ginkgo biloba
    Suplemen herbal ini diproduksi dari daun pohon ginkgo biloba. Discovery Health, dalam website-nya, mengutarakan bahwa ginkgo biloba meningkatkan aliran darah ke otak dan organ-organ seksual.
  • Pijatan secara bergantian
    Bergantian memberikan pijatan kepada pasangan tak sekadar ditujukan untuk relaksasi, tetapi juga untuk menaikkan gairah seksual. Pijatan mampu mengalahkan stres, kekhawatiran, dan kemarahan. Apalagi, jika Anda dan pasangan melakukannya di kamar dengan cahaya redup dan musik favorit yang menenangkan. (Sumber:kompas)
Post Update :
Date : Thursday, July 31, 2014 - Kamis, 31 Juli 2014