MUNCULNYA BERKERINGAT BERLEBIHAN

 MUNCULNYA BERKERINGAT BERLEBIHAN

MUNCULNYA BERKERINGAT BERLEBIHAN

MUNCULNYA BERKERINGAT BERLEBIHAN. Menurut Dr. Amarullah H. Siregar, DIHom, DN Med, MSc, PhD bahwa berkeringat adalah salah satu cara alami tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh. Sering kita alami banyak berkeringat saat berada dalam lingkungan bersuhu udara yang panas atau/dan saat melakukan aktivitas berlebihan karena metabolisme tubuh meningkat. Tetapi ada juga beberapa orang yang cenderung berkeringat banyak, meski dia beraktivitas biasa-biasa saja, bahkan dalam suhu udara yang sejuk pula. Produksi keringat yang berlebihan tersebut dalam istilah kedokteran dikenal sebagai “hyperhidrosis”.

Keringat banyak, adalah akibat terjadinya aktivitas yang berlebihan dari kelenjar keringat. Bisa terjadi di bagian tertentu (seperti telapak tangan, kaki, ketiak, sela paha, atau sekitar payudara), bahkan bisa meliputi seluruh daerah tubuh.

Munculnya atau terjadinya keringat yang berlebihan tersebut dapat diakibatkan oleh beberapa factor yaitu demam, gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan pada kelenjar adrenal sampai gangguan pada system saraf simpatis tubuh. Keringat yang muncul pada malam hari terutama pada saat tidur atau dikenak sebagai keringat malam harus dicurigai dan dianalisa lebih lannjut apakah ada gejala-gejala adanya gangguan pada system paru atau jantung; terutama yang menahun. Tapi dapat juga disebabkan oleh kecemasan yang berlarut-larut. Bila produksi keringat yang berlebihan ini disertai dengan munculnya bakteri dan jamur pada kulit, maka akan terjadi gangguan pada jaringan kulit dan kelenjar keringat pada kulit sehingga akan muncul bau yang tidak sedap. Kondisi seperti ini dikenal sebagai “bromhidrosis”

 

Penangan problem semacam ini sangat bergantung pada masalah penyebabnya. Secara umum dapat dilakukan dengan pengaturan pola asupan makanan yang baik terutama mengurangi konsumsi makanan yang bersumber dari hewani, lebih banyak dan menekankan pada asupan buah da sayur segar terutama nenas atau papaya. Buah-buahan ini mengandung banyak enzim alami yang dapat membantu proses pencernaan.

 

Ada beberapa pandangan atau survai yang menunjukkan bahwa gangguan ini sering muncul pada orang-orang yang system atau proses pencernaannya kurang berfungsi dengan baik, terutama bila menimbulkan keringat yang berbau.

Beberapa tulisan dan penelitian juga menunjukkan bahwa keringat yang berlebihan berkaitan dengan berkurangnya asupan seng di dalam tubuh. Mereka yang berkeringat berlebihan dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau atau mengkonsumsi suplemen yang mengandung seng. Penggunaan suplemen seng harus dengan hati-hati kerena jika keliru penggunaannya, justru akan menimbulkan masalah pada pencernaan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada kasus seperti ini; terutama bila belum diperoleh secara pasti dan jenis penyebabnya.

Hal yang harus diperhatikan adalah:

 

  1. Kebersihan pada kulit sangatlah penting, hindari penggunaan bahan-bahan yang mudah mengiritasi kulit terutama produk perawatan kulit, sabun, deodorant, atau parfum. Selalu membersihkan tubuh dengan sabun-sabun yang tidak terlalu keras atau alkalis.
  2. Hindari penggunaan body lotion yang menyebabkan kulit sulit bernapas sehingga justru akan meningkatkan aktivitas kelenjar keringat. Bila ingin menggunakan body lotion pilihlah yang berlabel water-based dan hypoallergenic (tidak menimbulkan alergi).
  3. Gunakan bahan pakaian (terutama pakaian dalam yang lembut dan mudah menyerap keringat, seperti bahan katun. Hindari menggunakan bahan sistetis misalnya nylon, lycra. Pada malam hari sebaiknya menggunakan pakaian yang tipis berlapis daripada memakai pakaian tebal guna menghindari terjadinya proses kelembaban pada tubuh. MUNCULNYA BERKERINGAT BERLEBIHAN

 

Post Update :
Date : Wednesday, September 17, 2014 - Rabu, 17 September 2014