MEMULIHKAN RAMBUT RUSAK AKIBAT SERING DIWARNAI

uban MEMULIHKAN RAMBUT RUSAK AKIBAT SERING DIWARNAI

MEMULIHKAN RAMBUT RUSAK AKIBAT SERING DIWARNAI

MEMULIHKAN RAMBUT RUSAK AKIBAT SERING DIWARNAI. Rambut adalah mahkota bagi kaum hawa. Tak heran bila setiap wanita ingin selalu mempunyai rambut yang sehat dan indah. Namun, tidak sedikit perlakuan-perlakuan pada rambut, yang tanpa disadari bisa merusak keindahannya.

Salah satunya mewarnai rambut. Mewarnai rambut memang bisa membuat rambut jadi lebih indah. Namun, bila tidak dilakukan dengan benar dan tidak diikuti dengan perawatan yang tepat, tindakan itu justru bisa merusak rambut yaitu menyebabkan rambut jadi kusam.

Dijelaskan hair dresser ternama Rudi Hadisuwarno, berdasar teori, warna rambut alami tercipta dari pantulan dan absorbso cahaya oleh granula melanin yang terdapat dalam korteks rambut (batang rambut). Namun, demi mengikuti trend an menambah rasa percaya diri, tidak jarang seorang wanita mewarnai rambutnya. Sayangnya, tidak sedikit wanita yang asal mewarnai rambutnya. Padahal, hal itu bisa membuat rambut rusak. Misalnya, proses bleaching (penghilangan warna asli rambut agar cat rambut bisa menyerap lebih sempurna) yang dapat merisak rambut. Di antaranya menyebabkan rambut jadi putih, kusam dan terasa kasar bila dipegang.

Karena kerusakan pada proses bleaching ini dapat terjadi karena zat pemucat dan larutan alkali yang digunakan. Misalnya, terlalu lama memakai pemucat rambut dan konsentrasi yang terlalu tinggi. Bila hal ini dilakukan berulang-ulang dan dalam waktu lama, rambut akan menjadi sangat kering, kusut, patah di bagian pangkalnya, sehingga bisa memicu terjadinya kebotakan. Untuk mencegah kerusakan, rudy menyarankan agar pemucatan rambut tidak dilakukan lebih dari sekali dalam sebulan. Selain itu, harus dilakukan perawatan rambut agar elastisitasnya tetap terjaga dan rambut tak rusak.

PROCARE

Namun, bila rambut sudah terlanjur rusak karena sering diwarnai, tidak ada cara lain selain melakukan perawatan khusus yang disebut procure. Procure ini sangat bagus untuk mengembalikan kemilau dan keindahan rambut. Dengan perawatan intensif minimal sebulan sekali, rambut yang rusak akibat sering diwarnai akan kembali sehat dan berkilau. Sedang untuk menghindari kerusakan akibat pewarnaan, Rudy menganjurkan untuk menjalani perawatan procure dua bulan sekali. Adapun tahapan proses procure adalah:

1. Diagnosa

Pada tahap ini, akan dilihat permasalahan yang terjadi pada rambut. Apakah berminyak, kering, berketombe atau rusak karena pewarnaan. Selanjutnya rambut dicuci menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala.

2. Nutritive Masque

Setelah rambut dicuci, rambut diolesi nutritive masque, Maker ini ada dua macam yaitu gingseng untuk rambut rontok dan bunga matahari untuk rambut kering, rusak, rapuh akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, rebonding dan pengeritingan. Masker diberikan secara merata, mulai ujung bawah hingga atas rambut. Setelah itu dilakukan massage pada kulit kepala. Untuk rambut rontok, massage tak perlu dilakukan.

3. Back Massage

Selain pada kulit kepala, pemijatan juga dilakukan pada bagian punggung. Pemijatan dilakukan menggunakan massage oil yang sudah dihangatkan selama 15 menit. Ini ditujukan untuk meregangkan otot-otot yang letih, sambil menunggu vitamin dari nutritive masque, terserap secara sempurna ke dalam batang rambut.

4. Terapi Ozon

Tahap berikutnya adalah melakukan terapi ozon pada rambut selama 10 menit. Alat yang digunakan adalah cap rambut yang dihubungkan dengan selang panjang pada tabung yang berisi oksigen. Tabung tersebut akan mengubah oksigen menjadi ozon, kemudian disalurkan ke dalam cap rambut melalui selang.

Terapi ini ditujukan untuk mencegah efek buruk dari radiakal bebas dan polusi udara, serta mengembalikan elasitisitas rambut.

5. Pembilasan Rambut

Rambut dibilas menggunakan air dingin agar nutrisi dan vitamin yang ada di kulit kepala dan batang rambut dapat terserap sempurna. Setelah itu, rambut dikeringkan dengan handuk.

6. Pemberian Hair Tonic

Tahap ini selanjutnya adalah pemberian hair tonic secara berate di beberapa bagian rambut. Hair tonic yang digunakan harus sesuai dengan jenis rambut. Hair tonic ginseng untuk rambut rontok, hair tonic tea tree oil untuk rambut berketombe dan hair growth serum untuk kerontokan sangat parah.

7. Hair Frequency Machine

Tahap terakhir adalah penggunaan mesin high frequency untuk memaksimalkan penyerapan vitamin dan nutrisi pada kulit kepala, menghilangkan kuman di rambut, meningkatkan aktivitas kelenjar pada rambut, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme pada kulit kepala. Alat ini seperti sisir kaca yang dialiri sinar infra merah

TETAP LAKUKAN PERAWATAN RUTIN

Setelah menjalani perawatan procure bukan berarti tidak melakukan perawatan rutin lainnya. Bagaimanapun perawatan rutin, seperti crembath, hair spa, atau hair mask harus tetap dilakukan. Salah satu perawatan rambut dan kulit kepala yang baik adalah crembath. Perawatan tersebut meliputi massage dan pemberian toner vitamin yang sangat baik bagi rambut. Sehingga, sirkulasi darah di kulit jadi lancar dan membuat rambut tumbuh subur, kuat dan sehat.

Crembath sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Terutama bagi mereka yang rambutnya panjang dan sering di treatment. Produk yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pada kondisi rambut yang rusak atau mengalami trauma mekanik, crembath sebaiknya dilakukan dua kali sebulan. Tapi crembath sebaiknya tidak dilakukan para rambut rontok. Sebab, tarikan-tarikan yang dilakukan justru membuat rambut semakin rontok. Selain crembath, hair spa dan masker rambut sangat bagus untuk menjaga keindahan rambut. Penggunaan vitamin dan masker rambut sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan, yang juga sangat penting adalah pemilihan sampo serta kondisioner yang tepat. Untuk rambut diwarnai, sebaiknya pilih jenis sampo dan kondisioner khusus untuk perwarnaan agar hasilnya maksimal dan warna rambut pun tidak kusam.  MEMULIHKAN RAMBUT RUSAK AKIBAT SERING DIWARNAI

 

Post Update :
Date : Wednesday, September 24, 2014 - Rabu, 24 September 2014