style rambut MEMPERINDAH RAMBUT DENGAN CATOK RAMBUTMencatok rambut adalah cara mudah untuk mengubah tampilan rambut. Tak heran bila mayoritas kaum perempuan lebih menyukai rambut lurus. Atau kalaupun ada curly, itu hanya di bagian bawah rambut saja.

Untunglah, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus. Selain dengan rebonding, yang bisa dilakukan adalah dengan  menggunakan alat catok. Bahkan, penggunaan alat catok lebih disukai, karena bisa menghasilkan tatanan rambut seperti yang diiginkan.

Namun, yang harus diingat, pemakaian alat catok tentu tidak boleh sembarangan. Sebab, paparan panas secara terus-menerus pada rambut bisa merusak rambut.

Hal ini dibenarkan oleh hair stylist dari Excellence Salon, Anton Kantinus. Dikatakannya, di pasaran memang banyak dijual berbagai jenis alat catok rambut, mulai harga murah sampai mahal. Alat catok sendiri pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang digunakan untuk meluruskan rambut dan membentuk rambut menjadi lebih curly.

Fungsi alat catok rambut ini sebenarnya adalah sebagai styling. Dengan menggunakan alat catok, tatanan rambut akan jadi lebih rapi dan halus. Sedangkan bagi yang ingin rambutnya lebih bergelmbang, tatanan rambut akan lebih curly namun tetap rapi.

Perhatikan Penggunaan Alat Catok

Meski bisa menghasilkan tatanan rambut yang lebih indah dan rapi, Anton mengingatkan agar benar-benar memperhatikan banyak hal sebelum menggunakan alat catok. Berikut ini di antaranya:

  • Jenis Catok

Seperti dikatakan Anton, alat catok pada dasarnya ada dua macam, yaitu untuk meluruskan rambut dan membuat rambut curly. Kedua alat catok ini bentuknya berbeda. Catok untuk meluruskan rambut berbentuk segiempat atau pipih di bagian penjepitnya. Sedang catok untuk rambut curly berbentuk bulat  (lingkaran) atau setengah lingkaran.

Karena itu sebaiknya sebelum mencatok rambut ketahui dulu jenis-jenis tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan atau tata rambut, seperti apa yang diinginkan.

  • Lapisan Catok

Lapisan alat catok dibuat dari bahan yang beragam. Lapisan ini berpengaruh terhadap batang rambut yang akan dipanasi, sehingga rambut lebih mudah dibentuk.

Pada dasarnya ada tiga jenis lapisan pada alat catok, yaitu keramik, ionic plates dan tourmaline. Di antara ketiga lapisan tersebut, anton menilai lapisan keramik yang terbaik, karena memiliki daya hantar panas rendah di bandingkan lapisan lainnya. Sehingga tidak mudah merusak rambut.

Tapi lapisan ionic plates juga memiliki kelebihan sendiri yaitu mampu menciptakan ion negatif yang bermanfaat mengembalikan kelembaban rambut. Sedang lapisan tourmaline memiliki kelebihan mampu mempertahankan tatanan rambut lebih lama serta membuat rambut lurus dan berkilau.

Ada pula lapisan catok yang dikombinasikan antara keramik dan tourmaline. Catok seperti inilah yang dapat digunakan dan dipilih untuk kebutuhan sehari-hari. Saran Anton seraya menambahkan agar mewaspadai alat catok dengan lapisan besi karena mudah merusak rambut.

  • Kondisi Rambut

Kondisi rambut sebelum dicatok juga harus diperhatikan. Kondisi rambut yang baik untuk dicatok adalah agak lembab. Jangan saat basah atau kering.

Bila ingin mencatok rambut setelah keramas sebaiknya keringkan dulu. Jangan dalam keadaan basah rambut langsung dicatok. Sebab, interaksi langsung antara rambut basah dengan panas sangat mudah merusak rambut. Sedang bila dilakukan saat rambut dalam kondisi kering akan menimbulkan bau gosong dan juga menyebabkan rambut jadi rusak.

  • Oleskan Pelindung Rambut

Sebelum mencatok, rambut harus dilindungi dulu dari panas. Untuk itu, Anton menyarankan agar mengoleskan moistirizer pada batang rambut sebelum mencatok. Ini hal yang wajib dilakukan agar batang rambut tidak rusak akibat panas dari alat catok. Sebab, panas tidak akan langsung menyentuh batang rambut.

Cara Menggunakan Catok Rambut

Selain memperhatikan pemilihan alat catok, cara menggunakan alat catok adalah juga harus diperhatikan. Agar tidak mudah merusak rambut, berikut ini cara tepat menggunakan alat catok:

  • Atur Suhu

Kali pertama mencatok, terutama bagi pemula, gunakan suhu paling rendah atau minimum. Kalau sudah profesional boleh langsung menggunakan suhu tinggi.

  • Bagi Rambut

Bagi rambut yang sudah dilindungi (dioles) moisturizer menjadi beberapa bagian, dan untuk bagian yang akan dicatok, ambil sedikit saja untuk lebih memudahkan. Agar mudah, dahulukan bagian samping, boleh kiri atau kanan dulu.

  • Dua Sentimeter dari Akar Rambut

Jangan mencatok tepat dari pangkal rambut. Tapi, beri jarak sekitar dua sentimeter, kemudian tarik hingga ujungnya. Bila tidak begitu, rambut akan menumpuk di bagian tengah sehingga rambut akan kelihatan kusut. Kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan alat catok tidak sampai ujungnya atau hanya berhenti di tengah. Itu menyebabkan rambut jadi statis atau mudah kusut.

Dampak Yang Bisa Terjadi Akibat Sering Mencatok Rambut

Dikatakan Anton, mencatok rambut setiap hari memang diperbolehkan asal cara menggunakannya tepat. Bila tidak, mencatok rambut setiap hari akan merusak rambut, seperti:

  • Rambut Mudah Rontok, Hal ini terjadi karena penarikan yang terlalu kuat dan berulang-ulang sehingga kekuatan akar rambut menjadi rapuh.
  • Kering, terpapar panas dari alat catok terus-menerus tanpa pelindung dapat menyebabkan rambut menjadi kering, apalagi bila suhu yang digunakan terlalu tinggi. (Sumber:Cantiq)

 

Post Update :
Date : Friday, April 25, 2014 - Jumat, 25 April 2014