MAKANAN-MAKANAN TERBAIK UNTUK KULIT

 

MAKANAN-MAKANAN TERBAIK UNTUK KULIT

MAKANAN-MAKANAN TERBAIK UNTUK KULIT. Masalah kulit bisa terjadi akibat konsumsi makanan yang salah. Misalnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula memicu penuaan dini. Sebab, gula dapat mempercepat degradasi elastin dan kolagen. Agar itu tidak terjadi, pilih makanan-makanan yang bagus untuk kulit.

 

BUAH-BUAHAN
Menurut riset ilmiah, delima dan aneka buah berry berkhasiat meningkatkan perlidungan alami kulit terhadap terik sinar matahari dengan menangkal radikal-radikal bebas.

Anda memang masih tetap membutuhkan tabir surya, namun dengan mengkonsumsi buah-buahan, sel-sel kulit memperoleh perlindungan yang kuat dari dalam.

Buah lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah nanas. Nanas, mengandung antioksidan alami terbaik, yang membantu mencegah serangan penyakit. Makan buah itu sangat saat kondisi tubuh sedang turun.

Manfaat lain juga didapat dari tomat yang mengandung lycopene, suatu pigmen ajaib yang melarutkan bahan-bahan kimia dalam tubuh yang menyebabkan penuaan.

Tomat juga kaya antioksidan untuk menghalau radikal bebas. Pilih pasta tomat karena lycopene-nya lebih banyak.

 

OAT
OAT (sejenis gandum) adalah salah satu makanan terbaik untuk menjaga kulit, rambut, kuku tetap kuat dan sehat. Itu karena oat mengandung biotin, zat nutrisi yang membentuk basis sel-sel kulit, kuku dan rambut.
Sebagai makanan yang setara dengan multivitamin, oat mengandung beberapa vitamin essensial dalam jumlah yang sedikit tapi signifikan.
Selain itu, oat juga merupakan sumber yang baik untuk mineral-mineral penting yakni manganese, magnesium, selenium, zat besi, seng dan tembaga.

 

SUPLEMEN

Suplemen tidak boleh dikonsumsi sebagai pengganti diet, tapi hanya pelengkapnya. Setiap hari, atau setidaknya 5 hari dalam seminggu, anda harus berusaha mengkonsumsi buah dan sayur secara berganti-ganti untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan kulit yang sehat.

Tapi mencapai tujuan ini biasanya tidak mudah, sehingga untuk menutupi kekurangan asupan zat-zat gizi yang seharusnya terpenuhi, anda bisa melengkapinya dengan suplemen yang tepat secukupnya. Ketika memilih suplemen, pastikan produk yang anda beli mempunyai kualitas food grade. Dan salah satu suplemen yang tepat adalah Hyaluronic Acid, yang normalnya terdapat dalam produk pelembab yang mampu menghidrasi kulit.

 

IKAN BERMINYAK

Jika khawatir kulit terancam keriput lebih cepat, ikan berminyak harus jadi sahabat terbaik anda. Ikan jenis mackerel, sardine dan salmon punya kandungan tinggi asam-asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk kulit.
Kecukupan asupan asam-asam lemak omega 3 akan memberi anda kulit tersehat yang halus dan kemilau. Itu karena omega 3 meningkatkan kesehatan sel-sel kulit dengan membentuk dinding-dinding luar sel-sel yang kuat dan menjaga kulit tetap sehat.
Selain itu, ikan berminyak, terutama salmon, mengandung DMAE, antioksidan yang stimulasi fungsi saraf dan otot untuk berkontraksi dan mengencangkan kulit.

 

SAYURAN

Paprika dan brokoli mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai blok pembangun kolagen, protein yang memberikan struktur, kekuatan, dan elastisitas pada kulit.
Sayuran berdaun hijau juga banyak mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu membangun dan memelihara jaringan kulit yang sehat. Juga, jangan lupa konsumsi wortel yang mengandung karoten, antioksidan dan vitamin A. Karoten akan meminimalkan dampak buruk sinar matahari.

 

TELUR

Telur juga sumber biotin yang baik. Seperti halnya ikan, daging, kacang-kacangan, buncis dan kedelai, telur adalah makanan yang tinggi protein.
Namun lebih dari itu telur juga mengandung vitamin A dan B. Aktivitas asam lemak dalam kulit ditingkatkan oleh vitamin B, dan ini menunjang proses pengelupasan dan pengenyalan kulit.
Sedangkan vitamin A adalah suatu antioksidan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pembaruan sel-sel kulit baru. Biet yang tinggi vitamin A akan menjammin corak warna kulit anda cemerlang dan berseri-seri.

 

LEMAK BAIK

Mengkonsumsi lemak baik adalah kunci memperbaiki kerusakan dinding sel, minyak zaitun, flazseed oil (minyak biji rami), dan walnut mengandung lemak baik yang berkhasiat membantu menjaga kekuatan membrane (selaput) sel kulit yang pada gilirannya memperbaiki tekstur kulit.
Selain itu, lemak baik juga memulihkan kelembaban kulit sehingga mengatasi problem kulit kering dan bahkan eczerna. Kadar tinggi lemak baik juga terkandung dalam alpukat.
Lemak baik membantu kita menyerap zat-zat nutrisi dari buah-buahan dan sayuran yang kita konsumsi dan penyerapan yang baik ini membantu menjaga kulit tetap sehat berseri dan terbebas dari kerut-kerut. Biji-bijian atau benih merupakan sumber yang baik untuk lemak baik dan mengandung semua zat nutrisi yang dibutuhkan untuk menciptakan kulit sehat. Biji-bijian mengandung semua zat yang anda butuhkan sehingga bisa disebut sebagai makanan yang lengkap.

 

AIR PUTIH

Minum banyak air putih membantu menghidrasi tubuh dan kulit. Demikian pula dengan teh hijau yang mengandung antioksidan yang kuat. KOmbinasi air putih dan teh hijau akan melembabkan kulit dan membantu mengoptomalkan pola makan sehat yang sedang anda jalani. Air putih dan the hijau juga membantu metabolisme.

 

Makanan-makanan diatas merupakan makanan yang diperlukan untuk nutrisi kulit, MAKANAN-MAKANAN TERBAIK UNTUK KULIT

Post Update :
Date : Monday, July 28, 2014 - Senin, 28 Juli 2014