Asupan makanan ternyata mempengaruhi kesehatan dan tampilan kulit agar tetap terlihat cantik. Karenanya, jika menginginkan tampilan kulit tetap sehat dan cantik maka memperhatikan asupan makanan adalah hal yang penting.

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI

Camilan Asin
Menurut Murad, seorang dokter kulit kenamaan menyatakan bahwa asupan sodium bisa menghisap kelembaban kulit dan membuatnya kering. Inilah yang menyebabkan kantung mata, mata sembab dan bengkak. Hindari camilan asin untuk tetap terlihat cantik.

Alkohol
Sama seperti sodium, minuman beralkohol membuat kulit kering. Alkohol membuat lapisan atas saluran darah, semacam bentuk peradangan yang menghasilkan kerusakan kulit.

Makanan yang digoreng
Ketika dipanaskan dengan temperature tinggi, minyak sayur seperti yang digunakan di kebanyakan restoran cepat saji bisa menimbulkan 4-hydroxy-trans-2-nonenal yang juga disebut HNE. Hal ini bisa menyebabkan sel-sel kulit mati. Kulit mati bisa menyebabkan kulit kering, pecah-pecah dan kusam. Belum lagi apa yang diakibatkan pada tubuh anda yang lainya.

Karbohidrat olahan
Ini yang dimaksud permen, cake dan makanan olahan lain. Makanan semacam ini penuh gula dan tepung putih yang membuat suplai androgen, hormone produksi minyak pada tubuh, meninggi. Sebuah studi menunjukkan partisipan yang diet rendah gula tak memiliki banyak jerawat dibandingkan orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan olahan. Lebih parah, karbohidrat semacam ini bisa menyebabkan glycation yang membuat kolagen dan elastin lebih mudah menyerap dan rusak akibat radikal bebas.

MAKANAN YANG SANGAT DIANJURKAN
Tomat
Tak hanya tergolong murah dan mudah dikonsumsi, tomat kaya akan likopen (lycopene) sehingga baik dikonsumsi dalam bentuk jus maupun saus, makanan ini memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari serangan sinar matahari.
Konsumsilah jus tomat setidaknya segelas dalam seminggu dan padukan bersama dengan alpukat atau olive oil yang dapat membantu memperlancar penyerapan zat likopen tersebut.

Kacang dan Ikan
Kandungan omega 3 yang terkandung dalam makanan ini terbukti bisa membantu menjaga kelembaban alami kulit dan mengurangi timbulnya kerutan. Blatner menyarankan agar Anda mengkonsumsi ikan (missal ikan salmon atau kod) setidaknya 12 ons tiap minggunya atau 1 ons kacang walnut tiap hari. Anda akan melihat perubahan pada kulit setelah 6 minggu.

Kiwi, Blueberry dan Ketela
Ini hanya segelintir makanan yang kaya antioksidan, vitamih C dan E dan jika dimakan langsung, semuanya dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga identik dengan melembabkan kulit dan mencegah datangnya kerutan. Blatner menyarankan agar anda mengkonsumsi 2.5 mangkuk buah dan 2 mangkok sayuran setiap harinya.

Daging Merah, White Kidney Beans (Semacam kacang merah), yoguart dan tiram
Semua makanan di atas mengandung zinc dosis tinggi yang sangat penting bagi pembentukan kolagen. Anda memerlukan setidaknya 3 ons daging sapi, satu cangkir yogurt atau hanya sedikit tiram perharinya.

Teh Hijau
Teh hijau merupakan salah satu anti oksidan paling powerful. Minumlah 3 cangkir sehari untuk menangkal radikal bebas dan kerusakan yang mengakibatkan penuaan dini.

Sayuran hijau, bayam atau swiss chard
Sayuran yang kaya akan senyawa organic lutein dan zeaxanthin ini dapat mengurangi resiko terjadinya kanker kulit. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung vitamin K yang dapat memperkuat jaringan pembuluh darah dan mencegah terjadinya pelebaran pembuluh darah.

Cokelat hitam
Mengandung flavonol yang dapat meminimalkan terbentuknya kulit kasar dan terbukti mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit bisa tampak bercahaya. Carilah cokelat dengan kandungan sedikitnya 60% kakao alami dan traktirlah diri anda makan setidaknya satu ons sehari.

Post Update :
Date : Friday, September 19, 2014 - Jumat, 19 September 2014