LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

sakit punggung depan ehow LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS. Kelainan pada tulang belakang tidak selalu harus diatasi dengan operasi. Bila derajat bengkoknya kurang dari 20 derajat, menurut dr. Indra Tjajono Sp.RM bisa diringankan dengan melakukan gerakan senam khusus.
Senam untuk penderita scoliosis tidak terlalu berat. Fokusnya hanya pada peregangan saja karena target utamanya bukan pembentukkan, melainkan merilekskan kembali otot-otot yang tegang. Gerakannya juga mudah tapi harus mengena pada otot yang mengalami ketegangan. Bila dilakukan teratur, gerakan ini akan menghindarkan dari keparahan. Beriku ini gerakan-gerakannya:

1. Fleksibilitas Punggung
Gerakan ini terdiri atas empat gerakan yang terfokus pada punggung. Gerakan ini dilakukan secara rileks dengan membungkukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Tangan mengikuti arah badan ditekuk. Jika ke samping, tangan diangkat dan diletakkan di atas kepala, sedangkan tangan yang lain bebas. Tiap gerakan tahan hingga 10 hitungan kemudian ulangi sebanyak 5 repetisi.

skoliosis 1 LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

2. Stetching Thoraxal
Gerakan ini terutama untuk skolioser yang mengalami pembengkokan tulang ke belakang pada thoraxal atau bagian atas. Caranya, berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, kemudian tekuk siku dan letakkan tangan tepat pada dada samping. Tangan yang lain diangkat di atas kepala. Liukkan badan ke samping kea rah tangan yang ditekuk. Tahan hingga 10 hitungan dan ulangi sebanyak 5 repetisi.

skoliosis 2 LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

3. Latihan Punggung
Pada penderita scoliosis, punggung merupakan bagian cukup penting, kelenturan punggung harus dipertahankan sebaik mungkin sehingga tetap bisa beraktivitas. Latihan ini untuk meningkatkan kelenturan punggung. Tidak ada gerakan khusus, melainkan hanya meletakkan bantal atau ganjalan yang tidak terlalu keras di bawah punggung. Terlentang dengan rileks kemudian letakkan ganjalan tepat di bawah tulang punggung. Rasakan tulang punggung menjadi rileks.

skoliosis 3 LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

4. Strengthening Trunk
Latihan ini untuk mengaktifkan otot-otot tulang belakang serta memperbaiki tulang belakang yang tidak lurus.
Caranya, ambil posisi telungkup di atas matras. Letakkan kedua tangan di samping tubuh. Kemudian tarik kedua kaki ke atas setinggi-tingginya, diikuti tangan serta kepala. Saat mengangkat ini usahakan hanya perut yang menempel pada matras. Tahan hingga 10 hitungan dan ulangi sebanyak 5 repetisi.

skoliosis 4 LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

5. Stretching untuk Otot
Otot-otot tulang belakang pada penderita scoliosis akan mengalami spasme atau kaku. Tetapi dengan gerakan stretching, otot-otot yang kaku dapat diredakan.

skoliosis 5 LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

Caranya, berjongkok di matras, kepala ditempelkan pada matras. Letakkan kedua tangan lurus ke depan, kemudian putar ke samping hingga seperti membelok. Tahan hingga 10 hitungan. Lakukan bergantian, antara saming kanan dan kiri. Ulangi hingga 5 repetisi. LAKUKAN GERAKAN KHUSUS UNTUK MERINGANKAN DERITA SKOLIOSIS

Post Update :
Date : Monday, September 22, 2014 - Senin, 22 September 2014