Tidak hanya lezat sebagai bumbu masak, kelapa juga bagus untuk merawat kecantikan serta kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat, airnya pun berguna. Berikut manfaat yang bisa di dapat dari daging buah dan air kelapa untuk menjaga kecantikan.

MENCEGAH DAN MENGOBATI UBAN
Saat ini makin banyak orang yang beruban di usia yang lebih muda. Penyebabnya pun beraneka ragam. Stres, penggunaan shampoo yang mengandung bahan kimia dan sebagainnya adalah dua di antara penyebab munculnya uban di usia muda.
Menghilangkan uban ini memang bisa dilakukan dengan mengecat rambut, namun dengan kelapa, pemunculan uban yang lebih dini bisa ditunda. Jika sudah terlanjur, maka kelapa ini bisa mengurangi area rambut yang beruban.
Caranya : Ambil setengah butir kelapa tua dan air kelapa itu sendiri. Parut kelapa dan peras menggunakan air kelapa untuk diambil santannya. Tambahkan garam secukupnya dan aduk merata. Embunkan semalaman di luar rumah.
Ambil santan dan oleskan ke bagian rambut yang beruban sambil dipijat ringan. Biarkan 10-15 menit dan cuci bersih. Gunakan tiga hari sekali.

MENGHALUSKAN TUMIT PECAH-PECAH
Tumit pecah-pecah jadi masalah bagi perempuan. Sebab, jika itu terjadi, dia tidak mungkin memperlihatkan bagian kaki lebih banyak. Namun, jangan khawatir, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghaluskan tumit pecah atau bagian telapak kaki yang biasanya kasar karena sering bergesekan dengan lantai atau tanah.
Caranya : Ambil satu sendol the minyak kelapa dan campurkan dengan petroleum jelly (Vaseline). Sebelum tidur, oleskan ke bagian tumit yang pecah-pecah dan telapak kaki yang kasar secara merata. Setelah itu kenakan kaos kaki, agar minyak tidak menempel di sprei.
Esoknya, bersihkan dengan air bersih dan oleskan hand body lotion. Lakukan setiap malam. Lambat laun tumit yang pecah-pecah akan kembali utuh dan telapak kaki yang kasar juga menjadi halus.

MENGHILANGKAN KETOMBE
Ketombe memang mengganggu. Tidak sekedar mengurangi keindahan rambut, ketombe juga nenbuat kulit kepala gatal tidak karuan. Akibatnya kulit kepala lecet dan mengurangi keanggunan jika setiap saat harus menggaruk kepala. Air kelapa yang mengandung tannin, merupakan anti bakteri dan vitamin C yang bisa menghilangkan ketombe. Dipadu dengan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini pun menjadi lebih sempurna.
Caranya : Ambil setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan satu setengah gelas air kelapa hingga merata, biarkan selama 15 emnit. Cuci hingga bersih dan gunakan satu minggu sekali.

MENGURANGI MINYAK WAJAH
Produksi minyak berlebih di wajah membuat riasan cepat luntur. Selain itu kulit berminyak juga membuat penampilan menjadi lusuh. Daging klapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah.
Caranya : ambl satu buah kelapa dan parut. Tambhakan air sedikit agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah, kecuali area mata. Untuk mata, tempelkan irisan mentimun. Biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.

MELEMBABKAN RAMBUT
Memiliki rambut kering atau berminyak sama-sama tidak menyenangkan. Sebab, rambut kering menjadi mudah patah, sedangkan rambut berminyak mudah kotor dan lepek. Untuk mengatasinya, rambut harus dilembabkan. Air kelapa juga bisa digunakan untuk melembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus melembabkan rambut.
Caranya : Ambil air dari satu butir kelapa yang tidak terlalu tua. Masukkan air kelapa ke dalam air dengan perbandingan satu banding satu. Basuhkan ke rambut yang sudah dikeramas. Keringkan. Lakukan setiap kali keramas agar rambut lebih lembab.

MENYAMARKAN LUTUT DAN SIKU YANG MENGHITAM
Lutut dan siku mungkin menjadi area tubuh yang luput dari perhatian dan perawatan. Akibatnya kedua bagian itu menghitam, apalagi tanpa disadari, anda sering berlutut atau menyadarkan siku anda pada pegangan kursi. Sehingga lama kelamaan lutut dan siku itu akan menghitam.
Caranya : Ambil jeruk lemon ukuran sedang, belah jadi dua dan ambil airnya. Sisihkan air perasan itu, karena saat ini yang anda butuhkan adalah lemonnya. Teteskan setengah sendok teh minyak kelapa ke lemon, lantas usap perlahan namun berulang ke bagian lutut dan siku yang menghitam, sambl digosok secara lembut. Lakukan berkali-kali sampai lemon dan minyak kelapa habis, lantas bersihkan. Lakukan setiap hari sampai warna hitamnya memudar.

Post Update :
Date : Friday, July 25, 2014 - Jumat, 25 Juli 2014