DIBALIK NIKMATNYA HIDANGAN JENGKOL

 DIBALIK NIKMATNYA HIDANGAN JENGKOL

DIBALIK NIKMATNYA HIDANGAN JENGKOL

DIBALIK NIKMATNYA HIDANGAN JENGKOL. Kalau memang cinta, apa mau dikata. Biarpun tetangga memprotes baunya, urusan makan jengkol tetap jalan terus. Tapi kalau sudah mengidap “kutukan” jengkol, jangan lagi mencurigai tetangga. Derita itu semata salah anda sendiri karena kelewat nafsu melahap lalap jengkol, semur jengkol, gulai jengkol, lodeh jengkol, emping jengkol, keripik jengkol atau rending jengkol. Gangguan ini lazim disebut kejengkolan.

Biasanya muncul rasa pegal hebat di pinggang, berlanjut menjadi nyeri melilit. Sulit buang air kecil. Ketika kencing, rasanya sakit bukan main, kadang bercampur darah. Bisa juga tidak bisa kencing sama sekali. Penderita bisa mengalami kejang-kejang, karena menahan sakit luar biasa. Namun setelah beberapa jam, gejala akan hilang dengan sendirinya.

Apa yang terjadi? Di dalam jengkol (Pithecolobium jiringa) terdapat senyawa asam jengkolat. Jika pH darah kita netral, asam jengkolat akan aman-aman saja. Tapi kalau cenderung asam (pH kurang dari 7), asam jengkolat membentuk Kristal tak larut. Berdasarkan teori asam basa itu, pengindap kejengkolan bisa jadi bukan penggemar sayuran dan buah segar.

Kristal jengkolat berupa jarum-jarum halus tidak kasat mata, yang kedua ujungnya sangat tajam. Ujung-ujung tajam dari jarum Kristal jengkolat inilah yang menusuk-nusuk dinding saluran kencing. Akibatnya timbul rasa nyeri setiap kali kencing. Karena tusukan bertubi-tubi saluran kencing akan mengerut akibatnya, tusukan jarum-jarum Kristal jengkolat semakin dalam. Hal ini dapat mengakibatkan perdarahan, sehingga air seni menjadi kemerahan bercampur darah.

Tentu saja tak ada seorang pun penggemar jegkol yang mau menderita. Tapi kalau toh kejadian ini menimpa anda, jangan panic. Minumlah air soda dan perbanyak minum air putih masak. Jika gejala tak reda juga, jangan dibiarkan. Pergilah ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan tablet bicarbonas dan obat antispasmodic untuk meredakan gejala nyeri saat buang air kecil.

Tapi mencegahnya tentu lebih baik. Caranya, sebelum dimasak, rebus jengkol 4-6 jam agar racun asam jengkolatnya larut bersama air perebus. Setelah dibilas hingga bersih jengkol siap dimasak. DIBALIK NIKMATNYA HIDANGAN JENGKOL

Post Update :
Date : Tuesday, September 23, 2014 - Selasa, 23 September 2014