Menurut dr Aji Bayu Chandra, munculnya kantung mata bisa dikurangi dengan melakukan perawatan. Namun, tentu perawatan tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya agar hasilnya optimal. Berikut ini cara mengatasi kantung mata sesuai dengan penyebabnya:

  • Genetik dan Penuaan

Kantung mata yang disebabkan oleh faktor genetik dan penuaan, tentu tidak bisa diatasi dengan mudah, Dibutuhkan treatment khusus untuk mengurangi lemak di area bawah mata. Treatment yang bisa dilakukan antara lain:

1. Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah tindakan operasi untuk menghilangkan lemak di area bawah mata. Tindakan ini harus dilakukan oleh ahli bedah plastik atau dokter spesialis kulit dan kelamin yang mendalami bedah plastik. Setelah lemak dibersihkan, kulit di bawah mata memang akan lebih kendur, sehingga kerutan tampak lebih jelas. Tapi, jangan khawatir, blepharoplasty juga bisa mengurangi kerutan tersebut. termasuk kerut-kerut halus yang lain di sekitar mata seperti smile line.

2. Radiofrekuensi

Penggunaan alat radiofrekuensi yang menggunakan panjang gelombang 0,3 hingga 0,6 MHz berguna untuk melancarkan aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan pembuluh darah di bawah kulit. Aliran darah di bawah mata yang tidak lancar bisa menimbulkan kantung mata. Karena itu, perlu dibantu agar alirannya lancar.

Alat radiofrekuensi juga berfungsi melancarkan aliran limpatik. Jika aliran limpatik lancar, cairan tidak akan tertimbun di bawah mata, sehingga kantung mata bisa mengempis. Selain mengempiskan kantung mata, radiofrekuensi juga bisa mengencangkan kulit.

Berdasarkan penuturan Aji, penggunaan radiofrekuensi disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Tapi, biasanya dilakukan secara bertahap. Seminggu sekali selama satu bulan pertama. Tahap berikutnya dua minggu sekali, kemudian satu kali sebulan hingga hasil yang diinginkan tercapai.

Penggunaan alat radiofrekuensi ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan oleh alergi, paparan sinar matahari, gaya gravitasi atau karena kelelahan.

3. Mesotherapy

Mesotherapy atau meso eye back dilakukan dengan cara menyuntikkan zat tertentu. Fungsinya untuk menghancurkan lemak sehingga bisa mengempiskan kantung mata. Setelah kempis, tentunya kulit akan mengendur, terlebih orang yang telah mengalami penuaan.

Kerutan ini tidak hanya terkaji di bawah mata, tetapi juga di sekitar mata, seprti smile line yang terletak di samping mata.

Smile line akan tampak saat kita tertawa. Kulit di samping mata terutama di ujung mata luar akan berkerut. Kerut-kerut halus tersebut bisa juga dikurangi dengan tindakan mesotherapy. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih kencang dan wajah tampak lebih muda kembali.

4. Laser

Laser biasanya digunakan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan terlalu banyak pembuluh darah karena faktor genetik. Laser yang digunakan adalah laser khusus untuk pembuluh darah. Selain itu, tindakan laser juga bisa untuk menekan pigmentasi. Aji menyarankan sebaiknya menggunakan lebih dulu krim yang sifatnya lebih ringan dari laser. Jika krim tersebut tidak bisa mengurangi lingkar hitam di mata, boleh dilakukan tindakan lebih berat seperti  laser.

5. Botox

Botox  berguna untuk melemahkan otot. Biasanya digunakan untuk mengurangi kerutan, terutama kerut-kerut ekspresif atau smile line. Seperti kerutan di samping mata saat kita tertawa. Botox akan sangat berguna pada gangguan kantung mata yang disebabkan faktor genetik seperti otot mata yang terlalu besar. 

  • Faktor Luar

Kantung mata yang disebabkan oleh faktor luar, seperti paparan sinar matahari, gaya gravitasi atau kelelahan bisa dikurangi dengan cara-cara berikut:

1. Oleskan Eye Cream

Oleskan eye cream secara rutin untuk melancarkan aliran darah di sekitar mata. Dengan begitu, pembuluh darah yang membesar di bawah mata bisa dikurangi sehingga kantung mata pun berkurang. selain itu, eye cream juga berfungsi untuk menekan pigmentasi. Ini membantu mengurangi lingkar hitam di sekitar mata.

Eye cream juga menyamarkan kerutan-kerutan halus di sekitar mata termasuk di kulit bagian bawah. Sehingga bisa mengurangi kantung mata akibat kulit yang mengeriput tersebut. Penggunaan eye cream disesuaikan dengan kandungan di dalamnya. Eye cream ada yang mengandung sunblock dan ada yang tidak.

Eye cream yang mengandung sunblock dipakai pagi hari sebelum bepergian. Sedang eye cream tanpa sunblock sesuai di gunakan malam hari sebelum tidur. Menurut Aji, kedua jenis eye cream tersebut bisa dikombinasikan penggunaannya sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.

Tapi, yang perlu diperhatikan, penggunaan eye cream untuk kulit sensitif  harus lebih berhati-hati karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu, mengoleskan eye cream juga jangan terlalu dekat dengan mata. Bila terlalu dekat dikhawatirkan akan mengenai mata sehingga menyebabkan iritasi mata yang biasanya ditandai dengan mata merah, berair dan terkadang gatal. Untuk lebih amannya, konsultasikan ke dokter terlebih dulu.

2. Pemijatan Ringan

Lakukan pemijatan ringan di otot-otot sekitar mata untuk melancarkan peredaran darah. Tindakan itu bisa mengurangi kantung mata akibat pelebaran pembuluh darah di bawah mata.

3. Kompres

Mengompres area mata juga bisa dilakukan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan oleh kurang tidur atau kelelahan. Bahannya bisa dari irisan timun atau tea bag.

Tindakan kompres ini boleh dilakukan seminggu sekali. Dengan mata terpejam, tempelkan irisan timun tipis-tipis atau tea bag pada kelopak mata. Bahan-bahan itu berfungsi sebagai relaksasi untuk melancarkan aliran darah.

Meski efeknya bersifat sementara, irisan timun dan tea bag cukup efektif mengurangi kantung mata. Kompres juga bisa mengurangi cairan di bawah mata. Tapi, tindakan ini tidak bisa mengurangi timbunan lemak di bawah mata. Karena itu, kompres ini kurang efektif untuk mengurangi kantung mata yang diakibatkan timbunan lemak.

 4. Pakai Masker

Pemakaian masker juga bisa dilakukan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan faktor luar. Misalnya, masker yang mengandung ekstra ganggang, jagung atau teh hitam. Masker dari ekstrak ganggang atau jagung ini berguna untuk melancarkan peredaran darah di area mata, sehingga kantung mata berkurang. Selain itu juga untuk mengatasi pigmentasi atau lingkar hitam yang biasanya menyertai kantung mata. (Sumber: Cantiq)

Post Update :
Date : Friday, August 1, 2014 - Jumat, 1 Agustus 2014