CARA ALAMIAH MENGATASI RASA SAKIT

gangguan+cemas5 CARA ALAMIAH MENGATASI RASA SAKIT

CARA ALAMIAH MENGATASI RASA SAKIT

CARA ALAMIAH MENGATASI RASA SAKIT. Ketika merasa bagian tubuh tertentu sakit, misalnya lutut, punggung, leher, anda mungkin langsung mencari obat pereda atau penawar sakit. Atau menggunakan obat pereda sakit resep dokter. Para ahli menemukan, ada cara alamiah untuk mengatasi rasa sakit, yaitu sebagai berikut:

Relaksasi atau Tidur Dalam dan Tepat

Menurut direktur Sleep Disorders Center di Columbia Presbyterian Medical Center, New York City, tidur adalah waktu di mana tubuh dapat melakukan pekerjaan perbaikan. Jadi, jika anda sakit karena cedera atau karena kondisi lainnya, tubuh akan bisa memeranginya dan bekerja menyembuhkan sakit ketika anda tidur. Relaksasi juga penting. Selain membantu cepat tidur, juga menurunkan ketegangan otot yang dapat membantu meredakan sakit atau mencegah sakit jadi memburuk. Merasa rileks juga bisa membantu cara pengobatan rasa sakit lainnya yang digunakan, bekerja secara lebih baik. Relaksasi bisa dilakukan dengan latihan pernapasan dalam, mendengarkan music tenang, atau mengerjakan hobi atau aktivitas repetitive. Contohnya merajut.

Doa/Meditasi

Sama seperti relaksasi, doa dan meditasi termasuk cara menenangkan badan, memfokuskan pikiran dan menurunkan stress. Semuanya dapat membantu mengurangi rasa sakit. Doa adalah jenis meditasi yang paling umum dilakukan. Menurut studi yang pertama kali dilakukan, khasiat doa dalam mengatasi rasa sakit sama dengan obat resep dokter tapi tanpa efek negative dari obat. Menurut para ahli, doa membuat pasien belajar makna sakit. Kadang pasien perlu merenung sebelum dapat bergerak maju. Meditasi bisa terdiri dari meditasi kosentrasi, di mana anda memfokuskan pikiran pada satu benda, ungkapan atau pemikiran, latihan pernapasan dalam, meditasi olahraga seperti yoga, taichi dan qi gong. Bahkan membaca, memikirkan orang-orang yang anda sayangi dan menulis termasuk bentuk meditasi. Pilih satu cara yang terasa paling menarik untuk anda.

Latihan Peregangan

Peregangan atau stretching dapat membantu menurunkan ketegangan di dalam otot, memperbaiki kelenturan, dan sejumlah gerakan. Juga dapat memperlambat degenerasi sendi. Stretching sendiri juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu rileks, kunci untuk meredakan sakit. Untuk latihan peregangan, coba latihan senam atau beli DVD senam dan latihan sendiri di rumah.

Olahraga Secara Teratur

Salah satu aspek terpenting untuk mengatasi sakit adalah mengambil peran aktif dalam perawatan dan menjadi bagian dari tim pengobatan, seperti yang dikatakan direktur American Chronic pain Association. Banyak opsi pengobatan untuk membantu mengurangi efek sakit dalam hidup. Perilaku proaktif seperti mengenali emosi dan latihan teknik relaksasi untuk mengurangi stress, olahraga secara teratur dapat menyebabkan pengendalian rasa sakit yang lebih baik. Ketika merasa sakit, anda mungkin tergoda untuk banyak bergerak, tapi program olahraga secara teratur justru dapat membantu meredakan sakit. Menurut Mayo Clinic, olahraga bekerja dengan mendorong tubuh melepaskan zat kimia yang disebut endorphins, yang dapat menghambat sinyal sakit mencapai otak. Endorphin adalah zat kimia pereda sakit alamiah yang banyak kasus lebih kuat dari morphine. Olahraga juga membantu tidur lebih baik, punya lebih banyak energy untuk mengatasi rasa sakit dan menurunkan berat badan yang dapat melepaskan kelebihan beban pada sendi. Jika anda sedang mengalami rasa sakit pada saat ini, konsultasikan dengan dokter anda sebelum memulai program olahraga apa pun.

Cegah/ Kurangi Inflamasi

Saat tubuh dalam kondisi inflamasi kronik, inflamasi dapat mengenai otot-otot, sendi-sendi, dan jaringan-jaringan. Lama kelamaan, hal ini dapat menyebabkan sakit fisik termasuk sejumlah penyakit lain antara lain penyakit jantung. Inflamasi bisa disebabkan berbagai hal, antara lain : emosi atau terlalu banyak stress, diet dan gaya hidup. Salah satu cara teraman dengan risiko rendah untuk menurunkan risiko inflamasi adalah mengubah gaya hidup dan pilihan makanan. Ini berarti makan berbagai jenis makanan anti inflammatory (buah dan sayuran), membatasi atau menghindari sama sekali makanan pro inflamamatory (makanan olahan, makanan tinggi gula, trans fat dan lain-lain), olahraga dan berhenti merokok jika anda merokok.

Chiropractic

Chiropractic adalah salah satu cabang seni pengobatan yang mencakup kesehatan manusia dan proses penyakit. Dokter chiropractic adalah dokter yang menganggap manusia sebagai bagian yang menyeluruh dan memberikan perhatian pada aspek fisiologi dan biokimia, terdiri dari structural, tulang belakang, kerangka, neurologis, vascular, nutrisional, emosional dan hubungan lingkungan. Setiap dokter Chiropractic itu beda dan menggunakan cara chiropractic beda untuk meredakan sakit. Chiropractic menempati urutan kedua dalam meredakan rasa sakit.

Terapi Pijat

Menurut American Message Therapy Association, terapi pijat berkhasiat :
• Membantu pasien menjadi lebih sadar dengan tubuh mereka dan sumber-sumber rasa sakit
• Membantu pasien lebih familiar dengan rasa sakit yang mereka alami
• Nilai sentuhan berefek pada pasien
• Meningkatkan rasa percaya diri dengan mendorong pasien mengatasi sakit mereka secara efektif.

Survei American Hospital Association menemukan, sekitar 82% rumah sakit menawarkan pengobatan komplementer dan pengobatan alternative. Lebih dari 70% di antaranya menggunakan terapi pijat untuk mengelola dan meredakan rasa sakit.

Kompres Panas atau Dingin

Kompres panas atau dingin di bagian yang sakit dapat memberikan peredaan sementara. Kompres panas membantu mengatasi sakit otot, sementara kompres dingin bekerja dengan membaalkan bagian yang terkena. Jika anda mencoba salah satu di antaranya, coba ganti dengan yang berlawanan untuk mengetahui mana yang berhasil. Hati-hati, jangan gunakan kompres terlalu panas atau terlalu dingin. Bungkus dengan handuk sehingga kulit tidak terekspos dingin.

Tubuh pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri, dengan sering melakukan meditasi dan relaksasi akan bisa membantu penyembuhan penyakit secara alami. CARA ALAMIAH MENGATASI RASA SAKIT

Post Update :
Date : Tuesday, September 23, 2014 - Selasa, 23 September 2014