Bahan alami juga bisa digunakan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan oleh faktor luar, seperti kelelahan dan paparan sinar matahari. Berikut ini di antara bahan alami yang bisa digunakan:

  • Teh Celup

teh celup BAHAN ALAMI PENGURANG KANTUNG MATATeh celup ada yang mengandung kafein, seperti teh hijau dan teh hitam. Ada juga teh herbal, seperti teh chamomile. Teh hitam dan teh hijau mengandung tannin yang merupakan zat alami dari teh, yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan menarik kulit. Dengan begitu, pembuluh darah akan lancar, sehingga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Caranya: Ambil dua kantung teh, kemudian celupkan ke dalam air yang telah mendidih. Biarkan selama 3-5 menit, kemudian angkat dan diamkan hingga dingin. Selanjutnya, bungkus dengan kain tipis. Berbaringlah, pejamkan mata dan letakkan masing-masing kantung teh tersebut ke masing-masing mata. Diamkan selama 5-15 menit, kemudian angkat dan bersihkan kedua mata.

 

  • Bengkoang

 bengkoang BAHAN ALAMI PENGURANG KANTUNG MATABengkoang mengandung vitamin B1 dan vitamin C yang mampu memberi nutrisi pada kulit. Sifatnya yang dingin juga mampu menyegarkan kulit, sehingga bengkoang juga dapat mengatasi kantung pada mata yang kadang mengalami pembengkakan maupun berwarna lebih gelap. Zat pemutih yang terkandung dalam bengkoang juga dapat mengurangi lingkar bawah mata yang gelap.

Caranya: Kupas dan bersihkan satu buah bengkoang ukuran sedang. Parut halus, kemudian bubuhkan tipis-tipis pada area bawah mata. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian angkat bengkoang parut tersebut, bilas area bawah mata tersebut menggunakan air biasa. Selain diaplikasikan secara langsung, bengkoang juga dapat dibuat masker. Caranya hampir sama, namun untuk mendapatkan tepungnya, setelah diparut harus diendapkan dulu hingga tinggal tepungnya saja. Setelah tepungnya mengendap, sisihkan dan ambil sedikit dengan mencampur sedikit air sebelum dibubuhkan pada area bawah mata. Lakukan treatment ini secara rutin seminggu dua kali.

  • Kentang

kentang1 BAHAN ALAMI PENGURANG KANTUNG MATAKentang mengandung pati cukup tinggi. Dalam pati itu sendiri terkandung asam sitrat dan asam fosfat, yang ammpu mengatasi kulit yang memerah, dan baik digunakan untuk meringankan peradangan atau inflamasi. Karena itu, kentang cocok digunakan untuk mengurangi kantung dan lingkaran gelap di seputar mata. Namun kentang tidak mengandung astringent yang mampu mengurangi bengkak.

Caranya: Ambil satu buah kentang yang telah dikupas dan dibersihkan, parut hingga halus. Bungkus menggunakan kain tipis perutan kentang tadi, kemudian letakkan di area bawah mata pada posisi berbaring. Diamkan selama 15 menit hingga terasa rileks. Angkat dan bersihkan area tadi. Lakukan treatment ini rutin seminggu tida kali.

  • Air Es

 air es BAHAN ALAMI PENGURANG KANTUNG MATAAir es tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membantu mengurangi kantung mata dalam waktu singkat. Misalnya, ketika anda akan menghadiri pesta dan melihat bagian amata tampak berkantung, air es bisa anda gunakan untuk menguranginya.

Caranya; Ambil es batu berukuran sedang, bungkus menggunakan kain tipis. Rebahkan badan dan letakkan balok tersebut di sekitar mata. Diamkan selama 15 menit. Angkat dan anda akan melihat mata menjadi lebih segar.

  • Mentimun

mentimun1 BAHAN ALAMI PENGURANG KANTUNG MATAMentimun berguna sebagai penyegar atau astringent yang dapat melancarkan peredaran darah di area sekitar mata. Mentimun juga mampu meringankan iritasi dan sembab pada mata karena kurang tidur atau terjaga di malam hari.

Caranya: Iris mentimun tipis-tipis, ambil dua iris kemudian kompreskan pada mata yang terpejam. Diamkan irisan mentimun itu menempel pada mata sekitar 15 menit hingga airnya meresap ke dalam kulit area mata. Selanjutnya bersihkan dengan air dingin hingga bersih.

  • Minyak Almond

almond BAHAN ALAMI PENGURANG KANTUNG MATAMinyak almond mengandung vitamin E cukup tinggi, yaitu 24 miligram per 100 gram. Minyak almond dapat melembutkan kulit serta memperbaiki tekstur kulit yang mengendur. Seperti halnya pada area bawah mata yang agak gelap dan berkantung. Dengan pemijatan rutin menggunakan minyak almond, kantung di bawah mata bisa berkurang, karena peredaran darah semakin lancar.

Caranya: Teteskan sekitar 2-3 tetes minyak almond pada kedua telapak tangan. Kemudian pijat secara perlahan area bawah mata yang tampak berkantung. Pijatan ringan tersebut akan membuat kulit tertarik, sehingga mata yang semula berkantung menjadi berkurang. Lakukan treatment itu setiap hari selama tiga minggu, terutama setelah bangun tidur pagi hari.

Post Update :
Date : Saturday, October 25, 2014 - Sabtu, 25 Oktober 2014