ATASI ALERGI KOSMETIK DENGAN JINTEN HITAM

 ATASI ALERGI KOSMETIK DENGAN JINTEN HITAM

ATASI ALERGI KOSMETIK DENGAN JINTEN HITAM

ATASI ALERGI KOSMETIK DENGAN JINTEN HITAM. Kosmetik diyakini mampu mempercantik penampilan sisi luar. Berbagai jenis kosmetika muncul dan ditawarkan kepada anda. Bahkan, terkadang kita silau akan janji-janji manis kosmetika, seperti memutihkan warna kulit, memuluskan kulit, bahkan dengan embel-embel tanpa efek samping. Lalu, bagaimana jika ternyata kosmetik tertentu malah menimbulkan alergi pada kulit anda? Bagaimana pula mengatasi alergi yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang anda?

Alergi bisa saja terjadi pada anda. Gatal-gatal, kulit kemerahan bahkan hingga kulit perih seperti terbakar, Menurut dr. Kusmarinah Bramono, Ph. D. Sp.KK(K), dokter spesialis kulit dan kelamin dari FEUI, alergi merupakan reaksi abnormal sestem kekebalan tubuh pada sekelompok orang tertentu terhadap bahan tertentu yang ada di lingkungan atau yang dinamalan allergen. Alergi pada kosmetik tidak muncul pada penggunaan pertama, tetapi muncul setelah penggunaan berulang

Kosmetik yang mengandung berbagai bahan yang mungkin salah satunya bisa menjadi allergen pada seseorang. Setiap bahan yang terkandung di dalam kosmetik berpotensi menjadi allergen, meskipun ada bahan-bahan tertentu yang lebih sering jadi penyebab, antara lain pengawet kosmetik, zat warna tertentu dan parfum. Namun, tidak berarti kosmetik tersebut akan menimbulkan reaksi kulit serupa pada orang lain. Bagi orang yang tidak tahu atau tidak pernah mengalami alergi terhadap kosmetik, tetapi dia mempunyai riwayat alergi terhadap bahan lain, sebaiknya berhati-hati dengan cara mencobanya dulu di lengan sisi dalam selama beberapa hari.

Reaksi Alergi

Dijelaskan dr. Agus Rachmadi, herbalis dan direktur dari klinik sehat, ketika kulit bertemu dengan kosmetika sintetik ada dua reaksi. Reaksi pertama yaitu tubuh menerima dengan efek samping yang timbul dalam jangka waktu yang lama atau dikemudian hari atau efek samping terhadap organ dalam tubuh lainnya. Efek yang paling cepat adalah reaksi hipersensitivitas yakni alergi yang berarti tubuh menolak kandungan tertentu dari kosmetika. Reaksinya langsung dan tidak langsung. Reaksi tidak langsung, misalnya dengan pemakaian kosmetik tertentu timbul efek di kemudian hari, misalnya timbul jerawat atau vlek-vlek hitam. Semua tergantung respon tubuh atau jenis kosmetik yang diberikan.

Solusi

Jika alergi terlanjur timbul, cara mengatasinya dengan segera menghentikan penggunaan dan membersihkan sisa kosmetika. Jika alergi ringan, dengan menghentikan saja akan diikuti dengan perbaikan setelah beberapa waktu. Namun, reaksi kulit yang berat dan gatal memerlukan obat seperti obat topical anti alergi, namun untuk reaksi alergi yang berat diperlukan obat minum. Berbeda dengan reaksi iritasi yang cepat membaik dengan penghentikan penggunaan bahan iritan, reaksi alergi bisa sembuh secara bertahap karena sifat reaksi alergi merupakan reaksi hipersensitivitas, yang jika sudah berjalan atau teraktivasi membutuhkan waktu tertentu untuk reda.

Lalu apakah alergi bisa muncul kembali? Jika sekali telah alergi terhadap bahan tertentu, selanjutnya akan terjadi lagi reaksi jika terkena bahan yang sama, bahkan bisa terdapat dalam bahan berbeda, tetapi yang memiliki struktur molecular serupa. Jadi, sebaiknya anda menghindari penggunaan kosmetika yang mengandung bahan tersebut.

Konsep Hangat

Sebaiknya kita menghindari faktor pencetus alergi. Misalnya alergi kosmetik, berarti kita sebaiknya menghentikan pemakaian kosmetik tersebut. Orang yang terkena alergi berarti zat histaminnya keluar. Histamine adalah zat yang keluar dari dalam tubuh yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Karena itu, penanganan yang utama yaitu dengan menghentikan histamine. Penanganan histamine sangat mudah yakni dengan konsep hangat, yaitu minum hangat, mandi hangat dan berjemur hangat.

Jintem Hitam

Tanaman herbal bisa digunakan untuk pengobatan alergi. Salah satu herbal yang ampuh untuk mereduksi histamine yaitu jinten hitam (habbatusauda). Jinten hitam memiliki anti histamine yang luar biasa. Selain itu, sambiloto, mahkota dewa dan rumput mutiara juga mujarab untuk mengobati alergi. Semua herbal tersebut bisa dikonsumsi sebagai obat dalam atau dengan cara diminum. Sementara, untuk obat luar atau obat oles bisa menggunakan minyak jinten hitam yang dicampur dengan minyak zaitun. Lihat dulu jenis kulit kita, apakah sensitive terhadap panas karena jinten hitam sifatnya panas. Jika begitu, perbandingan campuran jinten hitam dan minyak zaitun harus seimbang supaya tidak begitu panas.

Cara Meracik

Bagi anda yang ingin mengobati alergi dengan pengobatan secara herbal, cobalah meracik sendiri. Ada langkah mudah untuk meracik herbal untuk obat minum. Bahan-bahan herbal pun bisa dibeli di pasar tradisional. Cara meraciknya yaitu dengan merebus jinten hitam, sambiloto, mahkota dewa dan rumput mutiara dengan porsi yang bergantung pada ukuran besar kecilnya buah atau daun. Setelah mendidih, ambil airnya untuk diminum. Takarannya untuk racikan herbal yaitu tidak usah takut overdosis. Kalaupun kelebihan takaran sisa herbal akan dibuang sendiri oleh tubuh.

Efektivitas

Obat kimia bereaksi lebih cepat daripada obat herbal. Obat herbal bisa juga bereaksi cepat, asalkan porsinya lebih banyak atau intensitas meminumnya lebih sering. Cepat atau tidaknya alergi sembuh tergantung pada luas area alergi dan tergantung pada respon masing-masing individu. Obat kimia bisa meredakan alergi dalam waktu dua hingga tiga hari, sementara obat herbal membutuhkan waktu lima hingga tujuh hari.

Tips Menghindari Alergi Kosmetik

Berikut ini tips dari dr Kusmarinah dan dr Agus yang bisa anda lakukan untuk menghindari dan mengatasi alergi karena kosmetik adalah:

Jika dalam keluarga ada kecenderungan terjadi reaksi alergi, atau pernah mengalami sendiri reaksi alergi terhadap bahan topical selain kosmetik sebaiknya berhati-hati dalam memilih kosmetik.

Kosmetik yang diproduksi dengan baik umumnya telah melakukanuji kulit terhadap pengguna dengan mencantumkan tanda non alergenik atau hipo alergenik. Meskipun demikian, bukan jaminan bahwa sama sekali tidak mungkin menimbulkan reaksi alergi karena masih ada beberapa orang yang memberikan reaksi alergi.

Perlu diingat bahwa pada penggunaan kosmetik tidak hanya satu bahan saja, tetapi berbagai jenis, mulai dari sabun, toner, pelembab, bedak dasar, bedak, perona pipi dan sebagainya. Belum lagi krim-krim malam sekarang banyak ditawarkan.

Selain melakukan pengobatan dengan herbal sebaiknya konsumsi juga nutrisi yang baik, nutrisi yang sangat berperan untuk kesehatan kulit yaitu Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E. Khasiatnya, selain kulit terhindar dari alergi, tapi kulit juga semakin cantik dan berseri. Saat ini, semakin banyak kosmetik yang dibuat dari herbal atau bahan alami karena selain aman untuk kulit, tidak ada efek iritatif atau alergi. Jadi, cermatlah dalam memilih kosmetika dan jangan tertipu oleh janji-janji surganya. ATASI ALERGI KOSMETIK DENGAN JINTEN HITAM

 

Post Update :
Date : Tuesday, September 2, 2014 - Selasa, 2 September 2014